Zulfani Pasha Dulu Main di ‘Laskar Pelangi’, Kini Jadi Tahanan Polisi

by | May 2, 2023

Hiburan | Kriminal

FOMOMEDIA – Aktor film ‘Laskar Pelangi’, Zulfani Pasha, ditangkap polisi karena menakut-nakuti pengguna jalan dengan pedang. Dia juga melakukan penipuan lewat aplikasi MiChat.

Kabar mengejutkan muncul dari industri hiburan Tanah Air. Aktor Zulfani Pasha yang pernah berperan sebagai Ikal dalam film Laskar Pelangi yang tayang pada 2008 silam ditangkap polisi pada Sabtu (29/4/2023) dini hari.

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah, 26 November 1995 tersebut diduga telah melakukan pengancaman menggunakan senjata tajam jenis katana. Ia bersama empat rekannya mengendarai mobil dan diduga melakukan aksi pengancaman terhadap pengguna jalan lainnya. 

Aksi Zulfani dan teman-temannya itu terjadi di jalan kawasan jembatan Boom Gantung, Belitung Timur. Kini, pria berusia 27 tahun itu bersama teman-temannya telah mendekam di tahanan Polres Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami telah mengamankan ZP dan dan empat laki-laki serta satu perempuan yang diduga melakukan tindak pidana pada pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951,” kata AKP Wawan Suryadinata, Kasat Reskrim Polres Belitung Timur, seperti dikutip dari Liputan 6.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Wawan, motif di balik aksi pengancaman itu adalah untuk menakuti pengendara lain yang melintas di lokasi.

Selain menakuti pengendara lain, sosok Zulfani juga diduga telah melakukan penipuan via aplikasi kencan daring, MiChat. Zulfani diduga telah melakukan penipuan menggunakan aplikasi tersebut bersama istri dan teman-temannya.

Zulfani dan istrinya membuat profil palsu untuk menjual jasa sebagai teman kencan. Sampai akhirnya, proses transaksi kencan pun terjadi.

Namun, setelah itu korban dikelabui. Uang digondol begitu saja tanpa pernah sekali pun bertemu. 

“Jadi pada Jumat (28/4) para tersangka menaiki mobil Suzuki Ertiga dan membawa satu buah katana atau pedang samurai dengan menakut-nakuti pengendara yang melintas di sekitar lokasi jembatan tersebut,” lanjut Wawan.

Zulfani bersama istri dan teman-temannya yang melakukan penipuan serta meresahkan pengguna jalan lainnya itu akhirnya dilaporkan oleh warga sekitar. Zulfani dilaporkan ke Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Menumbing 2023 yang berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Mengetahui adanya laporan tersebut, petugas yang berjaga di Pospam melakukan pengejaran. Zulfani beserta istri dan teman-temannya yang mengendarai mobil itu pun melarikan diri usai tahu dikejar oleh anggota Pospam. Saat kabur dari kejaran, Zulfani dkk. menabrak mobil milik petugas. 

Sehari setelahnya, barulah Zulfani Zulfani beserta istri dan teman-temannya berhasil diamankan, dan kini telah dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments