Xi Jinping Temui Menlu AS, Bahas Stabilisasi Hubungan AS-China

by | Jun 20, 2023

Amerika Serikat | China | Internasional | Xi Jinping

FOMOMEDIA – Masih banyak yang harus diperbaiki dalam hubungan AS-China. Namun, kedua negara sudah berkomitmen untuk terus berdialog.

Presiden China, Xi Jinping, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Anthony Blinken, sepakat untuk menstabilkan relasi kedua negara dalam pertemuan yang digelar di Beijing, China, Senin (19/6/2023) waktu setempat.

Kunjungan Blinken ke China terasa spesial karena dia disambut oleh Xi di Balai Agung Rakyat yang biasanya hanya digunakan untuk menyambut kepala negara. Dilaporkan Reuters, Xi menjabat tangan Blinken seraya memuji “progres” yang telah dihasilkan dalam hubungan China-AS.

Baik Xi maupun Blinken sama-sama menyadari bahwa stabilisasi hubungan AS-China adalah sebuah keharusan. Pasalnya, apabila kedua negara sampai berkonflik secara terbuka, seluruh dunia akan merasakan dampak negatifnya.

BACA JUGA:

Kendati ada kesepakatan untuk menstabilkan hubungan kedua negara, China dan AS sendiri masih berbeda pendapat akan beberapa hal, mulai dari soal status Taiwan, aksi AS terhadap industri chip China, hak asasi manusia, serta invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, hal itu tidak menyurutkan kebahagiaan Presiden AS Joe Biden yang menyambut hasil kunjungan Blinken dengan pujian. “Dia (Blinken, red.) melakukan pekerjaan yang luar biasa,” ujar Biden, dikutip dari Reuters.

“Kami berada di trek yang tepat. Saya tidak cuma merasa ada progres, tetapi saya tahu bahwa memang sudah ada progres tentang hubungan kedua negara,” tambah sosok yang akan mencalonkan diri sebagai presiden tahun depan itu.

Komitmen Kuat

Dalam pertemuan Xi dan Blinken tersebut, tidak dibahas secara terperinci bagaimana AS dan China akan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara mereka. Akan tetapi, sudah ada komitmen dari kedua negara superpower itu untuk melanjutkan komunikasi diplomatik lewat berbagai kunjungan kenegaraan dalam beberapa pekan ke depan.

BACA JUGA:

Sebetulnya, Blinken sudah dijadwalkan mengunjungi China pada Februari lalu. Namun, kunjungan tersebut ditunda lantaran ada ketegangan diplomatik yang muncul setelah AS menuduh China menerbangkan balon mata-mata di wilayah udaranya. Padahal, pada KTT G20 di Indonesia akhir tahun lalu, Biden dan Xi sempat bertemu dan berdialog.

“Ada progres yang jelas dari kedua belah pihak dan kami sudah mencapai kata sepakat dalam beberapa isu. Ini sangat bagus,” ucap Xi.

Sementara itu, Blinken sendiri mengakui bahwa persoalan dengan China tidak akan bisa diselesaikan hanya dalam sekali kunjungan.

“Butuh waktu dan itu semua tidak akan bisa selesai hanya dalam sekali pertemuan. Harapan saya, kami akan berkomunikasi dengan lebih baik ke depannya,” ujar Blinken.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] satu hari setelah kunjungan Menteri Luar Negeri Anthony Blinken ke Beijing, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berulah dengan menyebut Presiden China Xi […]