Warganet Rujak Politisi yang Tunggangi Popularitas Putri Ariani

by | Jun 14, 2023

Ganjar Pranowo | Nadiem Makarim | Politik | Putri Ariani | Sandiaga Uno

FOMOMEDIA – Di balik kesuksesan Putri Ariani dapatkan Golden Buzzer di America’s Got Talent 2023, ada barisan politisi yang menunggangi popularitasnya.

Putri Ariani selangkah lebih dekat menuju cita-cita menjadi diva dunia. Ia baru-baru ini telah berhasil menyabet Golden Buzzer dalam ajang pencarian bakat di Amerika Serikat itu.

Setelah tampil memukau dan mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell, ia pun semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namun, popularitas Putri itu, seperti biasa, dijadikan alat memanen elektabilitas oleh politisi.

Tokoh politik pertama yang langsung menumpang di atas kesuksesan Putri adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Mantan politikus Partai Gerindra itu melalui akun Twitter-nya menyatakan rasa haru dan bangga atas kesukesan Putri.

BACA JUGA:

“Wow!! Terharu dan bangga, talenta muda Indonesia, Putri Ariani mendapatkan “golden buzzer” di ajang America’s Got Talent (AGT) 2023. Putri kelahiran Riau berusia 17 tahun ini membuat Indonesia bangga!” tulis Sandiaga, dikutip dari Republika, Kamis (8/6/2023).

“Putri, semoga kamu melihat postingan ini. Jika kamu butuh support dalam mewujudkan mimpimu, kami di @kemenparekraf siap membantunya,” lanjut Sandiaga.

Pernyataan ucapan selamat dari pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969, itu juga memberikan selamat kepada orang tua Putri. Menurut Sandiaga, ia sangat bangga dengan talenta dan keberanian yang dimiliki Putri.

Namun, per Rabu (13/6/2023), cuitan dari Sandiaga tersebut sudah tidak ada di platform Twitter. Diketahui, bahwa Sandiaga telah menghapus ucapannya terhadap Putri.

Sandiaga menghapus ucapannya itu lantaran kena semprot warganet. Dalam kalimat ucapannya di atas, sandiaga berharap Putri “bisa melihat” postingan Sandiaga. Padahal, diketahui bahwa sosok Putri Ariani adalah penyandang tunanetra. 

Ganjar Ikut Beri Selamat

Tak mau kalah dengan Sandiaga, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut memberikan ucapan selamat ke Putri Ariani. Pria yang akan maju dalam Pilpres 2024 mendatang itu juga memanfaatkan kesuksesan perempuan kelahiran Riau, 31 Desember 2005 itu.

Melalui akun Twitternya, @ganjarpranowo, Ganjar menuliskan ucapan selamat ke Putri. 

“Selamat untuk Putri Ariani yang nyanyikan lagu karyanya sendiri di America’s Got Talent dan langsung masuk ke babak semi final. Bukan hanya memukau para juri, tapi memukau mata seluruh dunia. Kamu hebat, kami bangga!” tulis Ganjar, Rabu (7/6/2023).

Namun, ucapan dari Ganjar tersebut dianggap oleh warganet sebagai menumpang ketenaran belaka. Warganet menilai tokoh politik satu ini tak ada saat Putri masih berjuang.

“Putri Ariani dari kecil sudah dikagumi oleh Anies Baswedan loh mas Ganjar….selama ini kemane saja? Ketenaran Putri jangan dimanfaatkan buat kebohongan dalam politik ya?” tulis akun Twitter @RomitsuT yang meretwit ucapan Ganjar.

Nadiem Beri Beasiswa

Selain dua tokoh politik di atas, terbaru ada sosok Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Tak sekadar menyelamati, pria kelahiran Singapura, 4 Juli 1984, itu memberikan beasiswa.

Nadiem berencana memberikan beasiswa untuk Putri ke kampus impiannya. Langkah yang ditempuh Nadiem ini memang tidak salah. Namun, ia tetap mendapatkan kritikan dari para warganet.

Warganet menilai Nadiem hanya menumpang nama di balik ketenaran sang calon diva. “Wong mampu ke Amerika pake dana pribadi kok dibantu dikasih beasiswa,” tulis @cinnamongirlc yang menyoroti berita Nadiem beri beasiswa ke Putri.

Di dalam tanggapan warganet itu, juga dijelaskan berbagai dunia pendidikan yang lebih urgen ketimbang memberi beasiswa kepada Putri. Seperti permasalahan gaji guru honorer, pemerataan pendidikan, dan subsisi pendidikan untuk keluarga tidak mampu.

Itulah berbagai cibiran warganet yang menilai langkah para tokoh politik di atas hanya sebatas numpang nama belaka. Tapi, ya, politisi yang menumpang popularitas dan momentum memang bukan barang baru Indonesia.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments