Warganet Ini Menganalisis Pebulu Tangkis Kamboja Sebenarnya Pemain China

by | May 11, 2023

Kamboja | Olahraga | SEA Games 2023

FOMOMEDIA – Demi prestasi di cabang bulu tangkis, Kamboja diduga menyewa pemain asal China. Kok bisa, ya?

Turnamen SEA Games 2023 Kamboja nampak masih memberikan hal-hal menggelitik. Paling baru, pebulu tangkis putri asal Kamboja diduga kuat merupakan warga negara China.

Kecurigaan muncul saat pertandingan nomor regu campuran melawan Myanmar pada Rabu (10/5/2023) tengah berlangsung. Dalam pertandingan tersebut, Kamboja harus mengakui keunggulan Myanmar dengan skor 2-3.

Sudah kalah, atlet Kamboja bernama Chourng Meng pun menarik perhatian tak diinginkan. Akun Twitter @ferguzooooo mengungkap adanya keganjilan dan keanehan terhadap profil dari Chourng Meng itu. Atlet Kamboja tersebut diduga merupakan pemain dari Tiongkok.

Postingan @ferguzooooo yang diunggah pada Rabu (10/5/2023) itu menampilkan atlet Chourng Meng dari Kamboja dan Zhoung Meng yang berasal dari Tiongkok. Kedua atlet tersebut dianalisis oleh akun tersebut merupakan satu individu yang sama.

“Salah satu pemain putri Kamboja, Chourng Meng dicurigai adalah pemain China, Zhou Meng, peraih medali perak WJC (World Junior Championship) 2019,” tulis @ferguzooooo.

Dalam utasnya, @ferguzooooo menjelaskan berbagai keanehan atlet Kamboja itu. Salah satunya adalah sosok Meng tiap bertanding tidak pernah ditampilkan atau disorot kamera hingga partai final regu campuran. Keanehan lainnya, Meng tiap menang tidak diposting oleh akun Twitter @Badminton_Asia.

“Saat naik ke podium, Chourng Meng tidak ikut, padahal tidak ada kendala cedera. Ada netizen China yang posting ke Weibo tapi gak lama dari itu postingan tersebut dihapus. Pada badminton di Individual Event, nama dia masuk ke dalam list,” tulis @ferguzooooo melanjutkan utasnya.

Analisis yang dilakukan oleh @ferguzooooo juga dibantu oleh warganet lain. Akun Twitter @A1_Feri mengunggah sebuah sesi foto tim bulu tangkis Kamboja sejak awal. Pada momen foto tersebut, tak terlihat sosok Chourng Meng.

Kemudian, analisis paling baru yang dilakukan oleh @ferguzooooo, ia menemukan hal unik. “Biasanya kalo menang foto para pemain yg diupdate tapi ini para penonton,” pungkasnya.

Selain soal Chourng Meng, turnamen SEA Games yang sudah digelar ke-32 ini memang sarat akan hal-hal aneh. Mulai dari bendera Indonesia yang terbalik saat pembukaan, munculnya jenis-jenis olahraga tak dikenal awam, hingga penggunaan lampu mobil untuk menyorot podium juara.

Sebagai tuan rumah, Kamboja memang bisa mengatur dan punya kuasa atas jenis olahraga apa saja yang akan dipertandingkan. Dalam cabang bulu tangkis saja, misalnya, terutama untuk ganda campuran, hanya boleh diikuti oleh Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Myanmar. Selain negara itu, berarti sudah dianggap sudah maju bulu tangkisnya. 

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments