Wacana Ganjar-Anies Menguat, Begini Respons Demokrat dan Nasdem

by | Aug 25, 2023

Anies Baswedan | Ganjar Pranowo | Pemilu | Pemilu 2024 | Pilpres 2024 | Politik

FOMOMEDIA – Wacana duet Ganjar-Anies ramai jadi perbincangan. Koalisi Perubahan menyambut dan memberi tanggapan yang berbeda-beda.

Menguatnya wacana duet bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan direspons oleh Koalisi Perubahan. Mulai dari Partai Demokrat, PKS, dan Nasdem memiliki respons yang berbeda.

Adanya wacana duet Ganjar-Anies tersebut muncul dari Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Ia membayangkan bahwa Ganjar dan Anies bakal jadi pasangan ideal untuk memimpin Indonesia.

Pengandaian Said tersebut menanggapi hasil survei yang dilakukan Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas. Dari hasil survei itu, capres Prabowo Subianto bersaing ketat dengan Ganjar. Sementara, Anies berada di urutan paling belakang.

Prabowo dinilai unggul dalam penyelesaian isu. Namun, dalam hal elektabilitas, Ganjar lebih unggul.

Dari hal itulah wacana Said muncul. Ia terbayang jika Ganjar duet dengan Anies, pasangan tersebut akan dengan mudah mengalahkan Prabowo.

Tak berselang lama, PKS langsung merespons wacana tersebut. Melalui Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid, mereka menyatakan tidak setuju.

Menurut Hidayat, Koalisi Perubahan saat ini masih solid untuk mendukung Anies maju sebagai capres dan bukan cawapres.

Namun, kabar terbaru dari PKS, partai tersebut mau-mau saja menduetkan dua sosok itu, asalkan sosok Anies sebagai capres dan Ganjar sebagai wakilnya.

“PKS tentu saja partai yang siap berkoalisi dengan partai yang memiliki visi yang sama dan siap mengusung perubahan, asal Anies jadi capres dan Ganjar menjadi wapres, sangat mungkin terjadi,” kata Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal, dikutip dari CNN Indonesia.

Demokrat Tetap Kukuh

Selain PKS yang masih teguh mendukung Anies sebagai capres, Demokrat juga tidak goyah. Namun, adanya wacana duet itu pun disambut baik oleh Demokrat. 

“Saat ini kami Demokrat bersama koalisi perubahan sudah memiliki jalan sendiri,” kata juru bicara Demokrat, Herzaky Putra Mahendra.

Menurut Herzaky, Demokrat saat ini masih memegang semangat perubahan. Partai tersebut tetap ingin memperjuangkan Anies sebagai salah satu capres dari Koalisi Perubahan.

Namun, seperti kata Herzaky, ia mengaku tidak menutup kemungkinan peluang Anies bisa menemani Ganjar usai Pilpres 2024. Koalisi Perubahan akan membuka pintu kerja sama demi kebaikan negara.

“Hanya saja memang jika saat ini kita belum bersama, mungkin ke depannya. Bagaimana pun ‘kan semangat koalisi perubahan ini ingin berkolaborasi dan sinergi dengan semua elemen bangsa untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Herzaky.

Nasdem Selalu Terbuka

Mendengar wacana duet Ganjar-Anies tersebut, Nasdem sebagai salah satu anggota Koalisi Perubahan juga merespons. Respons tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. 

Menurut Surya, ia menghargai adanya wacana tersebut. Namun, untuk saat ini, menurut Surya, belum ada perubahan terkait capres yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan.

“Itu ‘kan wacana. Sebagai wacana kita hargai, ya, kan?” kata Surya, dikutip dari DetikNews.

“Belum ada perubahan memang sampai hari ini, memang diusung ‘kan untuk sebagai capres, itu yang bisa saya kasih komentar, ya,” lanjutnya.

Senada dengan Surya, Ketua DPP Nasdem Effendi Choirie juga tak mempermasalahkan wacana duet tersebut. Menurutnya, Nasdem menghargai adanya gagasan tersebut demi kebaikan bangsa dan negara.

“Membayangkan boleh saja, membayangkan tidak dilarang. Nasdem selalu terbuka untuk bergandengan tangan dengan semua pihak untuk kepentingan bangsa. Kami tidak pernah membatasi gagasan dan komunikasi, tidak menutup diri. Nasdem tidak eksklusif,” kata Effendi.

Lantas, apakah wacana duet Ganjar dan Anies akan semakin digaung-gaungkan oleh banyak pihak? Jika memang duet ini terjadi, maka Prabowo harus meracik strategi politik yang lebih matang lagi.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments