Usaha Netflix Menjajal Bisnis Gim

by | Aug 16, 2023

Hiburan | Internasional | Netflix | Teknologi

FOMOMEDIA – Netflix sepertinya tak puas dengan bisnis layanan streamingnya. Kini, perusahaan tersebut sedang menjajal dunia gim.

Tak hanya fokus pada layanan streaming film, kini Netflix telah merambah dunia gim. Terbaru, perusahaan layanan digital yang berbasis California, Amerika Serikat, itu dikabarkan telah melakukan uji publik pertama dari gim streaming cloud-nya.

Namun, uji publik layanan gim streaming itu baru bisa diakses di Kanada dan Inggris saja. Para penonton di dua negara itu, mulai Senin (14/8) lalu bisa menonton gim Netflix yang dialirkan ke perangkat yang terhubung ke langganan.

Menurut keterangan Mike Verdu, VP Game Netflix, mengatakan bahwa perusahaan tersebut sedang menciptakan pengalaman baru bersama pelanggannya. Terhitung sejak 2021, mereka telah memperkenalkan terobosan barunya itu.

“Kami berfokus untuk menciptakan pengalaman bermain game yang luar biasa bagi anggota kami sejak tahun 2021 saat kami menambahkan game seluler ke Netflix . Tujuan kami selalu memiliki permainan untuk semua orang, dan kami bekerja keras untuk bertemu dengan anggota di mana mereka berada dengan layanan yang dapat diakses, lancar, dan ada di mana-mana,” kata Verdu, dikutip dari laman resmi Netflix.

“Hari ini [15/8], kami mengambil langkah pertama untuk membuat game dapat dimainkan di setiap perangkat tempat anggota kami menikmati Netflix—TV, komputer, dan perangkat seluler,” lanjut Verdu.

Baru Dua Gim

Menurut Verdu, Netflix dalam akan memperkenalkan dua game yang merupakan bagian dari tes awal. Dua game itu yakni Oxenfree dari Night School Studio, Netflix Game Studio, dan Molehew’s Mining Adventure, sebuah game arcade penambangan permata. 

Para pelanggan bisa memainkan gim melalui ponsel mereka yang bisa disambungkan ke TV. Sementara, bagi para pengguna PC atau Mac, bisa bermain langsung di Netflix.com memakai kibor dan tetikus. 

Namun, untuk akses bermain gim tersebut juga masih terbatas pada perangkat TV tertentu saja. Beberapa TV yang terhubung itu di antaranya pemutar media streaming Amazon Fire TV, Chromecast dengan Google TV, TV LG, TV Nvidia Shield, Samsung Smart TV, Perangkat Roku dan TV, dan Walmart ONN.

Selain itu, beberapa perangkat yang mendukung gim bisa dimainkan akan ditambahkan pada pengembangan berikutnya.

“Dengan menyediakan game di lebih banyak perangkat, kami berharap dapat membuat game lebih mudah dimainkan bagi anggota kami di seluruh dunia. Meskipun kami masih sangat awal dalam perjalanan game kami, kami bersemangat untuk menghadirkan kegembiraan bagi anggota dengan game,” ujar Verdu.

Netflix Dukung Industri Gim

Menurut laporan NME, Netflix baru saja menggelontorkan dana sebesar 80 ribu dolar atau setara Rp1,2 miliar yang diberikan kepada empat studio baru untuk pengembangan gim. 

Empat studio baru itu tergabung dalam organisasi nirlaba bernama Black Voices in Gaming. Organisasi itu sendiri menerima bantuan dari program bertajuk Xperience Excellence Accelerator.

Masing-masing dari empat studio itu akan mendapatkan suntikan dana sebesar 20 ribu dolar atau setara Rp306 juta. Dengan dana segitu, Netflix ingin mendukung pengembangan judul seluler dengan dukungan keuangan, pendidikan industri, dan peluang jaringan.

Adapun empat studio yang akan menerima aliran dana tersebut yakni Gesinimo Games, Oshoma Games, SpaceSalad Studios, dan Weathered Sweater. Pengembang studio tersebut masing-masing berasal dari negara yang berbeda, seperti Inggris, Nigeria, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat.

Lalu, apakah dengan merambah dunia gim tersebut, Netflix sedang membuka ladang bisnis baru? Mari kita tunggu saja.

Penulis: Sunardi

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] buruh yang mewakili ribuan orang di Samsung Electronics mengatakan mereka bakal melakukan mogok untuk pertama kalinya. Pernyataan yang muncul pada Rabu […]

[…] Video gim Grand Theft Auto VI (GTA VI) pada awal bulan ini telah merilis trailer pertamanya. Gim keluaran Rockstar Games itu memang sangat dinanti banyak penggemar. […]

[…] Usaha Netflix Menjajal Bisnis Gim […]