Unik! Jerapah tanpa Corak Lahir di Kebun Binatang Tennessee

by | Aug 22, 2023

Internasional | Jerapah | Satwa

FOMOMEDIA – Seekor jerapah tanpa corak lahir di kebun binatang Tennessee dan langsung jadi pusat perhatian. Sayembara penentuan nama kini sedang digelar.

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat hewan jerapah? Leher panjang, kaki empat, dan berwarna cokelat serta memiliki corak? Ya, memang itulah ciri-ciri jerapah yang selama ini kita kenal.

Namun, terkait warna cokelat dan corak khasnya itu, tidak berlaku bagi jerapah yang ada di kebun binatang Brights, Tennessee, Amerika Serikat. Jerapah betina yang belum memiliki nama tersebut telah lahir tanpa memiliki corak sama sekali.

Tubuh jerapah yang lahir pada 31 Juli 2023 itu terlihat seluruh tubuhnya memiliki warna cokelat. Warna cokelat menyelimuti seluruh tubuh jerapah tanpa ada corak pada umumnya.

Fenomena langka itu pun mengundang atensi dari masyarakat. Jerapah tersebut dianggap sebagai satu-satunya jerapah yang memiliki warna unik di dunia.

Di usianya yang belum genap satu bulan, jerapah tersebut telah memiliki tinggi enam kaki atau sekitar 183 cm. Hewan herbivora itu pun kini sedang dirawat oleh induk dan penjaga kebun binatang.

Bentuk Kamuflase?

Kehadiran jerapah yang tidak memiliki corak tersebut dianggap unik. Pasalnya, corak yang ada pada tubuh jerapah bisa digunakan untuk kamuflase ketika hidup di alam liar.

Penjaga kebun binatang Brights pun percaya bahwa jerapah tersebut masih termasuk ke dalam jenis jerapah lainnya. Apalagi, setiap jerapah yang didatangkan ke kebun binatang itu selalu memiliki pola atau corak pada tubuhnya.

“Liputan internasional mengenai bayi jerapah yang tidak berpola telah menciptakan sorotan yang sangat dibutuhkan dalam konservasi jerapah,” kata Tony Bright, pendiri kebun binatang Brights, dikutip dari The Guardian.

“Populasi liar secara diam-diam sedang menuju kepunahan, dengan 40 persen populasi jerapah liar hilang hanya dalam tiga dekade terakhir,” lanjutnya.

Sayembara Beri Nama

Hampir sebulan setelah kelahiran, jerapah berwarna cokelat tanpa corak itu pun belum diberikan nama oleh pihak kebun binatang. Kini, sejak disorot oleh banyak media, pihak kebun binatang membuka sayembara nama yang cocok untuk jerapah itu.

Sebagaimana dilaporkan The Guardian, kebun binatang telah menerima beberapa saran nama yang cocok. Nama-nama tersebut seperti Kipekee, yang berarti “unik” dalam bahasa Swahili; Firayali yang artinya “luar biasa”; Shakiri, yang berarti “dia yang paling cantik”; dan Jamella yang berarti “salah satu keindahan yang luar biasa”.

Terus, menurut kamu nama seperti apa yang cocok untuk jerapah itu?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments