Truk Nungging: Cara Sopir Truk Brasil Lawan Bajing Loncat sambil Bergaya

by | Dec 23, 2023

Berita Unik | Brasil | Hiburan | Transportasi

FOMOMEDIA – Di Indonesia, truk penuh dengan kata-kata. Di Brasil, truk justru dibuat menungging. Tak cuma lebih keren tetapi juga lebih aman.

Pernahkah kamu melihat berbagai kata-kata mutiara hingga konyol di kendaraan truk? Ya, biasanya hal itu telah menjadi fenomena tersendiri di Indonesia. Namun, di Brasil, terdapat fenomena yang berbeda.

Di Negeri Samba itu, suspensi atau bak belakang truk dimodifikasi hingga terlihat menungging. Bukan untuk sekadar gaya-gayaan, ada alasan keamanan di balik itu semua.

Pantat belakangnya terbalik dan muka depannya di tanah,” tulis laporan iMedia.

Saking populernya, penggunaan truk yang dimodifikasi menungging itu bahkan dianggap sebagai budaya tersendiri di Brasil. Dengan meninggikan bagian belakang truk, barang-barang yang ada di dalamnya akan lebih aman dari jangkauan maling.

Selain itu, meninggikan bagian belakang truk juga dianggap bisa membuat kendaraan bisa stabil dan lebih baik saat berbelok. Bahkan, risiko kehilangan kendali dan terguling di jalanan dianggap bisa diminimalisir.

Namun, pernyataan di atas tentu saja diragukan. Meski telah menjadi fenomena tersendiri, modifikasi bagian belakang truk yang ditinggikan itu justru dianggap rawan kecelakaan. 

Meski demikian, tetap banyak bengkel yang menawarkan jasa menaikkan bagian belakang truk. Para sopir truk di Brasil tidak kesulitan mencari jasa modifikasi itu.

Menarik Perhatian Anak Muda

Berbagai jenis truk yang mengangkut apa pun bisa diubah untuk memiliki gaya nungging. Mulai dari muatan berat hingga truk yang mengangkut sayur tetap terlihat elegan dan bergaya.

Truk menungging di Brasil sendiri bukan barang baru. Dilihat dari segi historis, modifikasi semacam ini pertama kali dilakukan oleh truk-truk yang mengangkut sayuran.

Para sopir truk yang mengangkut sayur tidak ingin dijarah dan dirampok di jalanan. Akhirnya, dengan meninggikan bagian belakang truk tentu membuat barang yang dibawa jadi lebih aman.

Penggunaan modifikasi menungging pada truk di Brasil bukan tanpa halangan. Bahkan, pada 2014, Komisi Transportasi Nasional Brasil mengeluarkan peraturan yang mewajibkan truk dengan berat lebih dari 3,5 ton hanya boleh menaikkan bagian belakang sebesar 2 derajat atau tidak boleh melebihi 1,2 meter. Selain itu, bagian depan truk juga dilarang untuk diturunkan.

Adanya peraturan itu tak dihiraukan para sopir. Banyak pengemudi truk, terutama kalangan kaum muda, yang menganggap modifikasi itu menjadi suatu perilaku yang sangat asyik dan menyenangkan.

Walau harus merogoh kocek dalam-dalam, para sopir truk tetap senang meninggikan bak belakang kendaraannya. Sejauh ini, beberapa suspensi truk yang sudah ditinggikan bisa mencapai 2 meter.

Tren unik tersebut memang sedang menjadi demam di Brasil. Meski sebagian menganggap berbahaya, modifikasi menunggingkan truk menjadi sesuatu yang disukai banyak orang. Bahkan, gara-gara fenomena itu, ada juga perusahaan yang secara khusus menawarkan jasa meninggikan bak belakang truk secara profesional.

Kini, banyak orang, terutama para sopir truk, tetap melakukan modifikasi itu. Dan yang paling penting, ketika di jalanan, mereka tidak akan lagi kena tilang.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Temp Mail

You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!