TKN Bagi Susu Gratis, Prabowo-Gibran Malah Tak Ikut Kampanye

by | Nov 29, 2023

Gibran Rakabuming Raka | Kampanye | Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIAPrabowo dan Gibran tidak ikut kampanye pada hari pertama. Namun, mereka mengandalkan TKN untuk bagikan nasi dan susu gratis.

Kampanye Pilpres 2024 sudah dimulai sejak Selasa (28/11/2023) kemarin. Selama 75 hari para pasangan calon presiden dan wakil presiden akan memanfaatkan waktu tersebut untuk mencari dukungan massa.

Termasuk yang dilakukan oleh tim kampanye nasional (TKN) pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dalam kampanye perdana, TKN langsung membagikan makan siang dan susu gratis kepada warga.

Pembagian makan siang dan susu gratis tersebut jadi program unggulan Prabowo-Gibran. Selain memberikan makanan, TKN Prabowo-Gibran juga menyosialisasikan program jagoan mereka.

“Kalau Pak Prabowo dan Pak Gibran terpilih, maka ini akan menjadi kebijakan pemerintah,” kata Waketum Gerindra Habiburokhman, dikutip dari Tempo.

Menurut Habiburokhman, pembagian makan siang dan susu gratis dilakukan sejak pagi hari. Selain di Jakarta, rencananya pembagian makan siang dan susu gratis akan dilakukan di seluruh Indonesia.

“Dari Sumatra sampai Papua. Mungkin bisa dicek nanti di Papua sudah melakukan hal yang sama,” ujar Habiburokhman.

Baca juga:

Prabowo-Gibran Tak Ikut Kampanye

Hari pertama kampanye Pilpres 2024 tidak membuat Prabowo dan Gibran langsung turun ke lapangan. Pasangan tersebut justru absen dan tidak melakukan kampanye secara langsung.

Tidak ikut kampanye pada hari pertama bukan tanpa sebab. Menurut Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani, calon yang didukungnya tidak ikut kampanye pada hari pertama merupakan bagian dari strategi.

Prabowo-Gibran pada hari pertama kampanye hanya mengandalkan TKN untuk membagi-bagikan makan siang dan susu gratis. Hal tersebut, kata Rosan, memang sengaja diambil.

“Memang ini hari pertama masa kampanye dan setiap pasangan kan punya strategi yang berbeda-beda, ada yang langsung tampil di hari pertama,” kata Rosan, dikutip dari Kompas.

Menurut Rosan, uang yang dijadikan untuk membeli makan siang dan susu gratis tersebut dikumpulkan secara swadaya dari tim TKN dan tim kampanye daerah. Program tersebut dianggap akan terus berlanjut hingga Prabowo-Gibran terpilih.

Langkah yang dilakukan Prabowo-Gibran memang beda. Apalagi, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah tancap gas turut berkampanye langsung.

Tugas Jabatan

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan aturan yang mengizinkan menteri, gubernur, hingga wali kota untuk maju di Pilpres 2024 tanpa perlu mundur dari jabatannya. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2023.

Dengan adanya PP tersebut, maka dimanfaatkan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang notabene masih menjabat sebagai menteri dan wali kota.

Prabowo meski telah mencalonkan diri sebagai capres, dirinya saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Pada hari pertama kampanye, diketahui bahwa pria kelahiran 17 Oktober 1951 tersebut menghadiri rapat internal bersama Jokowi di Istana Bogor.

Dalam rapat tersebut, Prabowo dan Jokowi membahas masalah pertahanan Republik Indonesia. Selain dua sosok tersebut, menurut laporan CNN Indonesia, hadir pula Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Senada dengan Prabowo, Gibran juga tak melakukan kampanye pada hari perdana. Ia justru memilih tidak mengambil cuti dan masuk kerja seperti biasa di Kantor Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Menurut Gibran, seminggu ini dirinya masih memfokuskan penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur pembangunan Kota Solo. Mulai dari revitalisasi Solo Safari dan Taman Balekambang.

Lalu, mau kapan Prabowo dan Gibran akan melakukan kampanye langsung?

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Dari pemantauan terhadap platform meta saja,  iklan politik seluruh paslon sudah jauh lebih besar dibanding laporan dana kampanye resmi yang dilaporkan ke KPU. […]

[…] rahasia. Keberadaan celengan itu disebut menjadi sumber pendanaan baru yang bisa digunakan untuk membiayai program dan janji kampanye jika menang Pilpres […]

[…] TKN Bagi Susu Gratis, Prabowo-Gibran Malah Tak Ikut Kampanye […]