Timnas Indonesia U-23 Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

by | Apr 22, 2024

Olahraga | Piala Asia U-23 | Timnas Indonesia
kemenangan timnas indonesia u-23

FOMOMEDIAPertama kalinya Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23. Akankah Garuda Muda semakin mencatatkan rekor lebih banyak lagi?

Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket lolos ke babak perempat final dalam ajang Piala Asia U-23 2024. Tiket tersebut diraih usai skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Yordania di laga pamungkas Grup A.

Dalam pertandingan yang digelar pada Minggu (21/4/2024) malam, skuad Garuda Muda berhasil menang 4-1 atas Yordania. Kemenangan ini membuat masyarakat Indonesia senang, termasuk sang pelatih.

“Pertama-tama saya sangat senang kami lolos ke perempat final. Saya mengucapkan rasa terima kasih yang besar kepada pemain. Hari ini Ketua umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga [Dito Ariotedjo], mereka hadir di sini, mendukung kami. Jadi, saya senang kami melakukan pekerjaan yang bagus di lapangan,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari CNN Indonesia.

Adapun gol pertama Timnas U-23 dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit 23 melalui tendangan penalti. Tak cukup di situ saja, sejak gol pertama, Pratama Arhan dan kawan-kawannya semakin menggila. 

Pada menit 40, Witan Sulaeman berhasil menggandakan skor Timnas. Babak pertama pun Garuda Muda unggul 2-0 atas Yordania.

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 semakin bermain apik. Di babak ini dua gol kembali dijebloskan ke gawang Yordania. Melalui skema operan pendek, Marselino berhasil mencetak gol keduanya pada menit 70. Sedangkan, gol terakhir Garuda Muda dicetak oleh Komang Teguh pada menit 86.

Sementara itu, satu gol untuk Yordania terjadi karena gol bunuh diri Justin Hubner pada menit 79. Namun, hingga laga usai, Timnas U-23 dipastikan lolos untuk melangkah ke perempat final Piala Asia U-23.

BACA JUGA:

Jadwal Selanjutnya

Dengan hasil pertandingan tadi malam, Timnas U-23 akhirnya bertengger di posisi runner up Grup A. Dalam laga berikutnya, mereka dijadwalkan bakal bertanding melawan pemimpin Grup B, yakni antara Korea Selatan atau Jepang.

Sementara, juara dari Grup B sendiri belum diketahui. Antara Korea Selatan dan Jepang saat ini berada di posisi teratas. Keduanya meraih poin sama yang bisa dipastikan melaju ke babak berikutnya.

Korea Selatan dan Jepang bakal bertanding pada Senin (22/4/2024) hari ini. Pemenang dari Grup B inilah nanti yang akan menjadi lawan Timnas dalam babak perempat.

Indonesia bakal menjamu pemenang Grup B tersebut pada Jumat (26/4/2024) mendatang. Keduanya bakal memperebutkan tiket ke semifinal.

“Saya baru mencapai 50 persen dari target yang saya tetapkan. Di perempat final, Korea atau Jepang, kami belum tahu siapa yang akan dihadapi. Saya akan menyaksikan pertandingannya [Korea vs Jepang] besok,” ujar Shin Tae-yong.

Serba Pertama

Dalam ajang Piala Asia U-23 2024 ini, banyak hal yang serba pertama bagi Timnas Indonesia. Dalam perhelatan ini, Timnas berhasil pertama kali mengalahkan Australia.

Sementara, dalam pertandingan tadi malam, juga menjadi pertama dalam sejara Timnas U-23 bisa mengalahkan Yordania U-23. Hal ini pun menjadi sesuatu yang penting dalam persepakbolaan Tanah Air.

Sosok Shin Tae-yong berhasil memberikan racikan ampuh. Bahkan, ia menjadi pelatih pertama Timnas Indonesia U-23 yangย  loloskan Indonesia ke Quarterfinal Piala Asia U-23 2024.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments