Tim Kampanye Prabowo Mulai Main Ancam-Ancaman

by | Jan 3, 2024

Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIATim kampanye Prabowo tak main-main dalam berkampanye. Mulai dari main lapor kepada polisi hingga ancaman buat pengkritik telah dilakukan.

Pencopotan tulisan baliho Prabowo-Gibran di tulisan “Welcome to Batam” berbuntut panjang. Gara-gara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Riau (Kepri), Zulhadril Putra, dan Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itolaha Gaho, dilaporkan ke polisi.

Laporan tersebut dilakukan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) 02 Kepri ke Polresta Barelang, Senin (1/1/2024). Mereka tidak terima bahwa pemasangan spanduk itu dianggap sudah mendapatkan izin resmi dari Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.

Ketua Tim Advokasi TKD 02 Kepri, Musrin, mengatakan bahwa pelaporan dilakukan dengan dalih perusakan. Ia menegaskan, bahwa pemasangan baliho telah mendapatkan izin.

“Dalam hal ini kita buat laporan pengaduan dulu dengan dugaan perusakan,” kata Musrin, dikutip dari Kumparan.

Sementara itu, izin pemasangan baliho tersebut telah dikeluarkan pada 27 Desember 2023 dengan surat nomor: B/2294/100.3.12/XII/2023 yang ditangani oleh Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Azril Apriansyah. Atas dasar itulah baliho dipasang di tulisan “Welcome to Batam”.

Menanggapi adanya pelaporan itu, Zulhadril menyatakan bahwa hal itu merupakan hak dari TKD. Namun, ia siap untuk menghadapi proses hukum.

“Kami menunggu saja. Kami harus perkuat dasar,” Zulhadril.

Lebih lanjut, Zulhadril  menegaskan bahwa sebagai pengawas pemilu, pihaknya tidak memiliki kepentingan pribadi. Ia mengatakan bahwa Bawaslu tetap fokus menegakkan aturan sesuai dengan prinsip-prinsip pemilu yang berlaku.

Zulhadril pun bakal melakukan penyelidikan terkait izin baliho itu. Menurutnya, hal itu telah melanggar aturan dan merugikan netralitas para aparatur sipil negara (ASN).

BACA JUGA:

Hingga saat ini, kasus pencopotan baliho ini masih berlangsung. Kubu Prabowo menyebut bahwa mereka sudah memiliki izin. Namun, izin yang dikeluarkan oleh ASN ini lantas bakal diselidiki oleh Bawaslu.

Tim Siber 02 Ancam Pengkritik

Selain proses pelaporan terhadap Bawaslu yang mencopot baliho Prabowo-Gibran di Batam, jagat media sosial diramaikan dengan video dari Pasukan 08. Kelompok yang didirikan sejak 8 Mei 2023 itu menyatakan akan bertugas mengawal pemenangan Prabowo di dunia maya.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun X, @ARSIPAJA, Selasa (2/1/2023), terlihat Pasukan 08 mengancam para pengkritik Prabowo. Bahkan, mereka bisa melacak sampai ke alamat rumah pengkritik.

“Pasukan 08 ini kita memiliki resource SDM [sumber daya manusia] yang kompeten dalam dalam mentracking atau forensik digital. Bagaimana sebuah akun yang melakukan ujaran kebencian IP address-nya bisa di-trace sampai ke titik lokasi by name by address rumahnya,” kata salah satu anggota Pasukan 08, dikutip dari penggalan video unggahan @ARSIPAJA.

“Jadi, mohon semua netizen pengguna media sosial harap bisa menjaga jagat mayanya” lanjutnya.

Peringatan dari Pasukan 08 telah menunjukkan panasnya suasana menjelang Pilpres 2024. Dari pernyataan itu pun akhirnya membuat warganet bereaksi. Tak sedikit warganet yang membayangkan seramnya ketika calon yang didukung Pasukan 08 itu terpilih jadi presiden.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Tim Kampanye Prabowo Mulai Main Ancam-Ancaman […]

[…] Tim Kampanye Prabowo Mulai Main Ancam-Ancaman […]