TikTok Challenge Kaki Barbie Bikin Dokter Ketar-ketir

by | Jul 6, 2023

Barbie | Greta Gerwig | Hiburan | Kesehatan | Margot Robbie

FOMOMEDIA – TikTok Challenge kaki Barbie yang viral belakangan menyimpan bahaya serius bagi pelaku yang tidak melakukannya dengan benar.

Dari dua film terpanas yang akan rilis Juli ini, Oppenheimer dan Barbie, sepintas Oppenheimer-lah yang tampak lebih berbahaya. Christopher Nolan sang sutradara bahkan sudah terang-terangan menyebut opus terbarunya itu sebagai film horor. Namun, siapa sangka jika Barbie pun menyimpan bahaya, khususnya bagi para perempuan muda?

Semua bermula dari adegan pembuka trailer film Barbie yang menampilkan kaki kanan Margot Robbie menekuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan kaki boneka Barbie. Dari sana, muncullah sebuah TikTok challenge yang bikin para ahli ketar-ketir.

Trailer fim Barbie yang dibintangi Margot Robbie dan disutradarai Greta Gerwig.

Ya, TikTok challenge. Di platform media sosial bikinan China itu, sejumlah perempuan muda berlomba-lomba meniru bentuk kaki Barbie lalu melangkah dengan ujung kaki secara perlahan. Inilah yang, menurut dr. Jodi R. Schoenhaus dari Foot, Ankle & Leg Vein Center di Florida, bisa berbahaya.

“Kalau seseorang hanya mencoba pose itu sekali atau dua kali, mereka bakal baik-baik saja dan bisa membuat video TikTok yang bagus. Tapi, kalau itu dilakukan berulang kali dalam jangka waktu yang lama, ada risikonya. Pose seperti itu membuat engkel jadi tidak stabil dan Anda bisa terkilir atau mengalami cedera seperti yang biasa terlihat pada pengguna sepatu hak tinggi,” ujar dr. Schoenhaus, dikutip dari Consequence.

Margot Robbie Pakai Alat Bantu

Kekhawatiran dr. Schoenhaus itu tentu beralasan. Sebab, pose kaki menekuk yang dilakukan Robbie dalam film Barbie sama sekali tidak gampang dilakukan. Dalam sebuah wawancara di program televisi Australia The Project, Robbie bertutur bahwa dia melakukan pose itu dengan alat bantu.

“Aku berpegangan dengan sebuah tiang sehingga tubuhku bisa stabil. Selain itu, di lantai juga ditempel selotip bolak-balik sehingga sepatu yang kukenakan tidak bergerak-gerak,” terang aktor 33 tahun tersebut.

Margot Robbie dalam sebuah promosi film Barbie. (Foto: Agence France-Presse)

Mulanya, sutradara Barbie, Greta Gerwig, ditawari untuk menciptakan adegan tersebut dengan bantuan CGI. Namun, Grewig menolak ide itu karena dianggapnya “sebagai mimpi buruk yang mengerikan”. Grewig kemudian mengusulkan agar Robbie menggunakan tiang sebagai alat bantu dan itulah yang dilakukan.

Sementara itu, para pelaku TikTok challenge kaki Barbie itu kemungkinan besar tidak tahu soal alat bantu itu. Maka, ada kemungkinan mereka mencoba meniru pose kaki Robbie tadi melalui banyak percobaan. Inilah yang dikhawatirkan dr. Schoenhaus bakal menimbulkan cedera.

Jadi, kamu sendiri bagaimana? Apakah sudah mencoba TikTok challenge ini? Pesan kami, sih, coba lakukan seperti yang dicontohkan Gerwig dan Robbie, ya.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments