Ternyata, Rajin Mandi Bisa Bikin Kamu Lebih Sering Digigit Nyamuk

by | May 11, 2023

Nyamuk | Sains

FOMOMEDIA – Setelah mandi jangan lupa pakai lotion anti-nyamuk karena ternyata wangi sabun di tubuh kita menggugah selera makan nyamuk.

Apakah kamu termasuk orang yang sering digigit nyamuk? Kalau ya, bisa jadi itu karena kamu keseringan mandi pakai sabun. Lho, kok?

Jadi begini… Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan dari Virginia Polytechnic Institute and State University yang dipimpin oleh Clément Vinauger menemukan fakta bahwa, ternyata, wewangian pada sabun punya efek yang sama bagi nyamuk seperti wewangian pada bunga-bungaan.

Nah, wewangian itulah yang kemudian menarik perhatian nyamuk. “Bagi mereka, mencium aroma tubuh kita yang wangi karena sabun itu seperti kita bangun lalu mencium aroma kopi dan muffin. Sangat menggugah selera,” ucap Vinauger, dilansir The Guardian.

Menariknya, efek wewangian itu bisa berbeda-beda tergantung jenis dan merek sabun.

“Yang menurut saya luar biasa, seseorang yang begitu menggugah selera nyamuk ketika dia belum mandi bisa semakin menarik bagi nyamuk setelah mandi dengan satu merek sabun. Tapi, ketika dia menggunakan sabun merek lain, nyamuk bisa jadi sama sekali tidak tertarik kepadanya,” tambah Vinauger.

Dari sini, para ilmuwan tersebut menyimpulkan bahwa sabun mandi memang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang jadi makin menarik bagi nyamuk. Namun, itu tergantung merek sabun apa yang seseorang itu pakai.

Penelitian itu sendiri melibatkan empat relawan. Mereka diminta mengumpulkan sampel kain yang mereka kenakan ketika belum mandi dan ketika sudah mandi dengan empat merek sabun berbeda (Dial, Dove, Native, dan Simple Truth).

Dari empat merek sabun itu, tiga di antaranya—Dial, Dove, dan Simple Truth—terbukti membuat seseorang jadi lebih menggugah selera nyamuk. Sementara itu, karena mengandung wewangian kelapa, Simple Truth jadi satu-satunya yang tidak disukai nyamuk.

Penulis: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] seluruh wilayah di dunia ini terdapat nyamuk. Kini, menurut para peneliti, serangga tersebut berisiko menyerang manusia jauh lebih […]

[…] kala masa pancaroba seperti belakangan ini, nyamuk banyak bermunculan. Kehadiran hewan tersebut seringkali mengganggu kenyamanan seseorang, utamanya […]