Terlalu Panjang, Dukcapil Minta Bangsawan Spanyol Ganti Nama Anak

by | Oct 27, 2023

Hiburan | Internasional | Spanyol
Bangsawan Spanyol

FOMOMEDIA Memiliki nama dengan panjang 25 kata, keturunan bangsawan Spanyol tersandung urusan di dukcapil. Kini, bangsawan tersebut disuruh memperpendek nama anaknya itu.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa nama ada doa. Maka, untuk memberi nama, perlu memikirkan dengan serius. Seperti yang dilakukan oleh bangsawan muda Spanyol Fernando Fitz-James Stuart yang baru saja membaptis anak kedua mereka The Saintis.

Menariknya, Stuart bersama istrinya Sofia Palazuelo, membaptis anak kedua mereka dengan nama Sofia Fernanda Dolores Cayetana Teresa Angela de la Cruz Micaela del Santisimo Sacramento del Perpetuo Socorro de la Santisima Trinidad y de Todos Los Santos.

Pemilihan nama yang diberikan Stuart tersebut secara agama memang tidak masalah. Namun, secara administrasi nama putrinya itu tidak dapat diterima lantaran terlalu panjang.

Menurut laporan Sky News, Stuart sendiri adalah seorang keturunan langsung Raja James II dari Inggris. Meski ia memiliki darah keturunan raja, secara administrasi nama anaknya itu melebihi dari “satu kata majemuk” dan “dua nama sederhana”.

“Dalam pendaftaran akan disebutkan nama yang diberikan kepada anak itu, walaupun tidak boleh dicatat lebih dari satu nama majemuk, atau lebih dari dua nama sederhana,” tulis peraturan yang disiarkan Berita Resmi Negara, dikutip dari Sky News.

Nama Kehormatan

Fernando Fitz-James Stuart bersama istri dan kedua anaknya (Sumber: Vanitatis)

Meski menggunakan 25 kata, pemilihan nama putri Stuart bukanlah sembarangan. Menurut kabar yang beredar, nama tersebut merupakan penghormatan kepada mendiang Duchess of Alba, anggota keluarganya.

Seperti nama depan Sofia dipilih lantaran untuk menghormati sang ibu. Kemudian, nama Sofia Barroso dipakai untuk karena itu merupakan nama neneknya. Sementara, nama kedua, Fernanda, dipakai untuk menghormati ayahnya, Adipati Huescar.

Stuart dan Palazuelo memberikan nama anaknya itu sejak Sabtu (7/10/2023) lalu. Putrinya tersebut dibaptis di San Román di pusat bersejarah Seville, Spanyol.

Penggunaan nama 25 kata tersebut secara kultural memang tidak masalah. Namun, pemilihan nama itu kini tersandung di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Spanyol.

Baca juga:

Menurut laporan Daily Mail, penggunaan nama panjang yang terdiri dari 11 nama berbeda, perlu disingkat menjadi nama majemuk. Atau, pilihan lainnya yakni menyingkat dua nama tunggal agar dapat diterima.

Kini, jika nama putri Stuart dan Palazuelo diperbolehkan oleh dukcapil, maka ia akan menjadi seorang bangsawan yang memiliki nama panjang di dunia. Namun, langkah itu sepertinya tidak akan mudah didapatkan.

Selain itu, untungnya bangsawan tersebut tinggal di Spanyol. Sebab, jika di Indonesia dan Ujian Nasional masih berlangsung, sudah pasti kolom nama yang tersedia tidak cukup untuk memuat nama tersebut.

Penulis: Sunardi

Editor: Elin

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments