Terkuak! Rating Film di Rotten Tomatoes Ternyata Bisa Dimanipulasi

by | Sep 7, 2023

Film | Hiburan | Internasional | Rotten Tomatoes

FOMOMEDIA – Tingkat kepercayaan publik terhadap Rotten Tomatoes sedang anjlok. Hal tersebut lantaran adanya manipulasi penilaian rating film.

Sebuah situs ulasan film dan televisi bernama Rotten Tomatoes sedang jadi sorotan. Pasalnya, ada sejumlah rating film dalam situs tersebut yang ternyata merupakan hasil suap.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh Vulture pada hari ini (7/9/2023), disebutkan bahwa sebuah perusahaan humas bernama Bunker 15 menyuap sejumlah kritikus untuk memberi rating bagus untuk film Ophelia (2018) yang dibintangi Daisy Ridley.

Rotten Tomatoes sendiri merupakan situs agregator kritik. Jika ada film yang rating positifnya berada di bawah 60%, film tersebut akan mendapat predikat “rotten” atau “busuk”. Sementara, yang di atas itu berarti “fresh” atau “segar”.

Nah, film Ophelia itu sendiri mendapat predikat “busuk” di Rotten Tomatoes lantaran kritik positif terhadapnya yang cuma mencapai angka 46%. Meski demikian, film itu kemudian mendapat rating lebih tinggi lantaran ada aksi licik dari Bunker 15.

Sebagaimana laporan Vulture, Bunker 15 telah membayar para kritikus tingkat rendah di situs ulasan film dan televisi itu. Perusahaan tersebut membayar para kritikus untuk memposting ulasan positif seharga 50 dolar per ulasan atau sekitar Rp766 ribu.

Bunker 15 telah berperan penting dalam memanipulasi rating di Rotten Tomatoes. Bahkan, perusahaan itu bisa melobi seorang kritikus untuk mengubah ulasan dari negatif menjadi positif.

Ophelia, dari yang awalnya mendapat rating 46 persen, mendadak bisa mendapatkan label “segar” dengan rating berubah menjadi 62 persen. 

Sementara itu, Daniel Harlow, pendiri Bunker 15, membantah tuduhan yang disematkan ke perusahaannya itu.

“Kami memiliki ribuan penulis dalam daftar distribusi kami. Segelintir orang telah membuat sistem khusus di mana para pembuat film dapat mensponsori atau membayar agar mereka mengulas sebuah film,” kata Harlow, dikutip dari Vulture.

Pengaruh Rotten Tomatoes

Keberadaan situs ulasan film Rotten Tomatoes memang berpengaruh dalam ranah bisnis perfilman. Tak terkecuali dalam perputaran bisnis Hollywood. Situs ulasan tersebut sering menjadi rujukan para pecinta film.

Adanya label “segar” dan “busuk” itulah yang menjadi standar apakah film Hollywood dan lainnya layak ditonton atau tidak. Bahkan, situs ulasan film itu bisa menjadi rekomendasi apakah sebuah film layak untuk didistribusikan. Namun, ketika kebobrokan manipulasi ulasan ini terungkap, kredibilitas mereka pun remuk.

Ophelia layak didistribusikan atau tidak justru dari penilaian ketika ditayangkan perdana di Festival Film Sundance. Melalui festival itu, perusahaan pembuat film mendapatkan penilaian tersendiri.

Kini, Rotten Tomatoes sedang menjadi buah bibir ketika ngomongin rating film. Tingkat kepercayaan situs ulasan tersebut sedang anjlok.

Pada akhirnya, jika kamu ingin pergi ke bioskop atau menonton di layanan streaming, tidak perlu melihat Rotten Tomatoes.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Terkuak! Rating Film di Rotten Tomatoes Ternyata Bisa Dimanipulasi […]