Taylor Swift Jadi Person of The Year Majalah TIME 2023

by | Dec 7, 2023

Hiburan | Musik | Person of the Year | Taylor Swift | TIME

FOMOMEDIA – Pemilihan Taylor Swift sebagai Person of the Year versi TIME memang tidak salah. Pengaruh sang diva tahun ini sulit untuk disaingi siapa pun.

Siapa yang tak tahu Taylor Swift? Ya, sang diva tersebut baru saja dinobatkan sebagai Person of the Year atau Tokoh Tahun Ini versi Majalah TIME.

Penobatan yang dilakukan pada Rabu (6/12/2023) tersebut membikin bintang pop itu ramai jadi perbincangan jagat maya. Tak sedikit yang menyebut bahwa Swift memang layak menerima penghargaan itu.

Menurut laporan TIME, penobatan Swift telah menjadikannya perempuan pertama yang tampil dua kali sebagai Person of the Year sejak penghargaan tersebut dimulai pada 1927. Penghargaan pertama perempuan kelahiran 13 Desember 1989 tersebut diraih pada 2017.

Penghargaan pertama Swift tersebut didapatkan usai dirinya berhasil menginspirasi para perempuan untuk berbicara tentang pelanggaran seksual. Sedangkan, penghargaan yang diterima oleh Swift tahun ini didapat karena perannya sebagai seniman yang mampu membawa pengaruh, baik dari aspek budaya maupun komersial.

“Memilih satu orang yang mewakili delapan miliar manusia di muka bumi bukanlah tugas yang mudah. Kami memilih pilihan yang mewakili kegembiraan. Seseorang yang membawa terang kepada dunia,” kata Sam Jacobs, Pemimpin Redaksi TIME, dikutip dari The New York Times.

Swift berhasil mengalahkan delapan finalis lainnya yang diumumkan TIME pada Senin (4/12/2023). Beberapa orang yang berhasil dikalahkan Swift yakni Sam Altman, Xi Jinping, Vladimir Putin, hingga Raja Charles III.

Selain itu, menurut TIME, Swift jadi sosok yang tepat jadi Person of the Year 2023 karena dirinya mampu menjadi seorang seniman yang membawa pengaruh luas. Ia dianggap berhasil menyebarkan pengaruh budaya, memiliki pemikiran kritis, hingga mampu membawa keuntungan komersial bagi negaranya.

Berkarya Tanpa Henti

Salah satu yang mendorong terpilihnya Taylor Swift sebagai Person of the Year versi TIME ialah kerja kerasnya selama setahun terakhir. Pada 2023 ini, Swift disibukkan dengan beberapa proyek. Salah satunya The Eras Tour yang sangat populer.

Dari tur itu saja, Swift mampu membuat para penggemarnya berdatangan. Bahkan, gara-gara tidak mampu menjangkau semua negara, The Eras Tour akhirnya difilmkan. Tak sia-sia, film konser tersebut justru laris manis dibeli para Swifties di seluruh dunia.

Adapun sebelumnya Swift sendiri juga telah fokus pada pengerjaan ulang beberapa karyanya. Ia merekam ulang lagu-lagu yang ia ciptakan dengan versi terbaru.

Perilisan rekaman ulang lagu-lagu Swift dalam Taylor’s Version mampu memberitahu dunia bahwa label industri musik di Negeri Paman Sam begitu pelik. Pasalnya, para seniman dianggap sulit mendapatkan hak cipta karyanya sendiri.

Hingga akhirnya, Swift pun menunjukkan bahwa dirinya bisa melawan. Caranya, ia bebas merekam ulang karya yang ia ciptakan.

Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir, Swift juga menjadi sorotan lantaran kisah asmaranya dengan Travis Kelce. Gara-gara kabar kedekatan Swift dengan atlet tersebut, American football mendapatkan sorotan.

Perhatian terhadap Swift juga muncul dari sosoknya yang dekat dengan lingkungan akademis. Bahkan, ia sempat menjadi subjek minat untuk masuk Universitas Harvard.

Kini, dengan dinobatkan sebagai sebagai Person of the Year versi TIME, sang diva pun dianggap mampu menjadi representasi perempuan cerdas abad ini.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] ini terungkap dari laporan Thai Enquirer. Dalam laporannya yang diunggah di pelantar X, tur Swift tidak akan tampil di Thailand. Bukan karena Swift sendiri, melainkan pihak penyelenggara konser […]

[…] Taylor Swift Jadi Person of The Year Majalah TIME 2023 […]

[…] masih belum berhenti menghampiri Taylor Swift pada tahun ini. Setelah dinobatkan sebagai Person of the Year Majalah TIME 2023, kini Guinness World Records menobatkan Eras Tour sebagai tur musik terlaris sepanjang […]