Tayangkan Talk Show di Tengah Pemogokan, Drew Barrymore Diprotes

by | Sep 18, 2023

Drew Barrymore | Hiburan | Hollywood | Internasional | Televisi

FOMOMEDIA – Mogok bersama serikat buruh Hollywood masih berlangsung hingga dewasa ini. Drew Barrymore pun kena imbasnya.

Drew Barrymore batal melanjutkan gelar talk show-nya usai diprotes serikat buruh Hollywood yang sedang melakukan mogok bersama. Perempuan kelahiran 22 Februari 1975 itu pun tidak akan menghadirkan The Drew Barrymore Show sampai pemogokan berakhir.

Keputusan Barrymore tersebut diambil seminggu usai dirinya dirujak lantaran berencana akan menayangkan perdana acaranya pada Senin (18/9/2023) hari ini. Namun, ia segera mengambil tindakan atas protes yang diterima itu.

“Saya telah mendengarkan semua orang dan saya membuat keputusan untuk menghentikan sementara pemutaran perdana acara tersebut sampai pemogokan selesai,” kata Barrymore di Instagram-nya, dikutip dari Variety.

“Saya tidak punya kata-kata untuk mengungkapkan permintaan maaf terdalam saya kepada siapa pun yang telah saya sakiti dan, tentu saja, kepada tim luar biasa kami yang bekerja di acara itu dan menjadikannya seperti sekarang ini. Kami benar-benar berusaha menemukan jalan ke depan. Dan saya sangat berharap adanya resolusi untuk seluruh industri dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Pihak Distributor Menghargai

Juru bicara CBS Media Ventures, tempat distribusi penayangan acara itu, mendukung keputusan yang diambil oleh Barrymore. Pihak studio itu pun memahami betapa rumit dan sulitnya ketika harus tampil lagi pada tahun keempatnya ini.

Acara bertajuk The Drew Barrymore Show yang harusnya tayang hari ini pun akhirnya tidak jadi. Rekaman siaran yang dilakukan pekan lalu pun akhirnya tidak akan ditayangkan. Sementara, program tersebut akan tetap tayang di masa mendatang usai pemogokan buruh Hollywood berakhir.

Adapun aksi pemogokan tersebut dimulai sejak awal Mei 2023 lalu oleh serikat penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA). Kemudian, pemogokan tersebut disusul oleh serikat aktor Hollywood yang tergabung dalam Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (Sag-Aftra). 

Kedua serikat buruh Hollywood tersebut melakukan mogok bersama sejak pertengahan Juli 2023 lalu. Hingga dewasa ini, keduanya masih menemui jalan buntu terkait negosiasi dengan pihak studio yang tergabung dalam Alliance of Motion Picture and Television Producers.

Mendapatkan Protes Keras

Keputusan menayangkan siaran talk show oleh Barrymore itu telah membuat dirinya diprotes keras. Apalagi, keputusannya melanjutkan rekaman gelar wicara di tengah pemogokan buruh Hollywood.

Namun, Barrymore yang berencana menayangkan kembali acaranya itu bukan tanpa sebab. Salah satu yang mendasari The Drew Barrymore Show harus tayang lagi yakni adanya kewajiban kontrak dengan mitra stasiun di seluruh bisnis TV siang hari.

Dalam acara talk show itu, selama Barrymore dan tamunya tidak mendiskusikan atau mempromosikan pekerjaan yang mogok, ia tidak akan melanggar peraturan Sag-Aftra. Namun, acara Barrymore sendiri terdapat peran serikat penulis. Alhasil, dalam episode terbaru yang gagal tayang itu, tidak dilakukan dengan para penulis.

Keputusan tidak melibatkan penulis itulah yang akhirnya membuat Barrymore justru mendapatkan kecaman. WGA pun mengutuk keputusan Barrymore dalam sebuah pernyataan.

“Drew Barrymore tidak boleh mengudara sementara penulisnya sedang melakukan pemogokan untuk memperjuangkan kesepakatan yang adil. Kenyataannya, acara seperti ini tidak dapat berjalan tanpa tulisan, dan pembatalan itu adalah sebuah keberhasilan,” tulis sikap WGA.

Barrymore pun akhirnya meminta maaf pada akhir pekan kemarin. Ia merasa harus berpihak pada pemogokan buruh lantaran ada kepentingan banyak pekerja yang dipertaruhkan.

“Saya ingin melakukan ini karena seperti yang saya katakan, ini lebih besar dari saya, dan ada pekerjaan orang lain yang dipertaruhkan,” pungkas Barrymore.

Reaksi Acara Talk Show Lain

Semenjak The Drew Barrymore Show dihentikan, berbagai acara gelar wicara lainnya di Negeri Paman Sam akhirnya juga ikut berhenti. Mulai dari The Talk dan The Jennifer Hudson Show adalah salah dua yang tidak akan tayang hingga pemogokan selesai.

Acara The Talk menunda penayangannya lantaran menyusul keputusan Barrymore. CBS selaku pihak distributor pun akan melakukan evaluasi terkait tanggal penayangan yang baru.

Sementara,“The Jennifer Hudson Show juga bersikap sama dengan The Talk. Acara yang sudah berjalan pada musim kedua ini pun harus mengalami penundaan.

Namun, meski ada beberapa acara talk show yang menyusul sikap The Drew Barrymore Show, tak sedikit gelar wicara yang tetap dilakukan tanpa keberadaan penulis. Beberapa acara yang mengabaikan pemogokan buruh Hollywood seperti halnya The View, Live With Kelly and Mark, dan Tamron Hall Show.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments