Tak Perlu Childfree, Ini Rahasia Awet Muda yang Sebenarnya

by | Mar 8, 2023

Gaya Hidup | Kecantikan | Kesehatan

FOMOMEDIA – Hubungannya childfree sama awet muda apa, ya? Buktinya, banyak orang yang punya anak tapi tetap awet muda. Lalu, apa rahasia awet muda sebenarnya?

Nama Gita Savitri Devi kembali menjadi perbincangan netizen di media sosial, baik di Instagram maupun Twitter. Dan isunya masih seputaran childfree, tapi kali ini merembet ke topik awet muda. 

Dari tangkapan layar yang banyak beredar di Twitter, seorang netizan sedang memuji Gita yang awet muda. “Aku yang umur 24 kalah sama Kak Gita, padahal udah 30. Awet muda banget sih,” tulis pemilik akun Instagram @itsmeiliyamI18 di kolom komentar unggahan Gita.

Kemudian, Gita menjawab komentar tersebut. Menurutnya, “Tidak mempunyai anak secara alami bikin awet muda. Kamu bisa tidur selama delapan jam setiap hari, tidak stres dengar teriakan anak kecil. Dan ketika akhirnya kamu keriput, kamu punya uang untuk beli botox.”

Karena pernyataan Gita tersebut, selama beberapa hari, namanya bertengger di daftar trending Indonesia di Twitter. Respons dari netizen banyak macam. Makian, rundungan, dan banyak hal dialamatkan kepada kreator konten tersebut. 

Dengan tujuan mementalkan klaim sepihak Gita itu, netizen menyebut beberapa nama artis yang memiliki anak cum berusia di atas 40-an tahun, tapi masih mempunyai paras yang awet muda. 

Seperti sosok Sophia Latjuba yang sudah berusia 52 tahun, Yuni Shara yang 50 tahun, dan Wulan Guritno yang telah masuk usia 41 tahun. Nama eks drumer Dewa 19, Tyo Nugros, yang sudah menginjak usia 52 tahun juga disebut-sebut oleh para netizen. 

Sementara itu, ketika orang-orang menyodorkan nama-nama sosok yang awet muda, netizen juga menyebut nama pelawak Adul yang tak kalah awet muda. Kadang, pengguna Twitter punya cara untuk menghibur pengguna lain di saat orang-orang sedang perang urat syaraf. Menyodorkan nama Adul, misalnya. 

Apa betul mengurusi anak akan berdampak pada percepatan penuaan seseorang? Inilah yang menjadi perdebatan sengit di kalangan netizen Indonesia. Ada orang tua yang begitu bahagia atas kehadiran anak mereka sehingga tangisan maupun teriakan bayi tidak menjadi penghalang untuk tetap bahagia, malah menjadi pemicu perasaan senang.

Akan tetapi, tak sedikit juga kita dengar ibu muda yang curhat di media sosial bahwa mereka stres mengurus bayi mereka sendiri. Bila ini terjadi, tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada percepatan penuaan. Dan inilah yang disebutkan oleh Gita bahwa dia awet muda karena tidak stres dengan teriakan bayi.

Akan tetapi, sumber stres tidak hanya berasal dari tangisan dan teriakan bayi, tapi juga dari banyak hal, seperti pekerjaan, netizen, bahkan dari pasangan sendiri. Maka dari itu, mau punya anak atau tidak, stres selalu membayangi semua orang.

Terus, sebenarnya gimana, sih, cara biar awet muda? Masa iya kita mesti childfree dulu supaya awet muda? Tenang, GenFomo. Kami sudah siapkan beberapa tips supaya kamu tetap terlihat muda meski bilangan usia terus bertambah. 

Baca Juga: Fenomena Childfree: Seriusan Gak Mau Punya Anak?

Meditasi

Meditasi sudah lama dipraktikkan oleh penduduk di daratan Asia. Aktivitas ini tidak cuma bisa  menenangkan pikiran dan hati, tetapi juga dianggap bisa menunda penuaan

Seandainya kamu sedang stres, coba ambil waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk merehatkan pikiran dari hiruk pikuk perdebatan di media sosial atau pekerjaan yang menumpuk di atas meja. Sebagian orang melakukan meditasi melalui beribadah pada Sang Pencipta.

Dengan cara ini, selain awet muda, kamu juga mampu mengontrol jari jemari untuk tidak menyebut seseorang stunting

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dan memperbanyak minum air putih kerap luput dari kita. Padahal, apa yang kita masukkan dalam tubuh akan menentukan masa depan kita. 

Tanpa sadar, kita kerap mengonsumsi makanan cepat saji atau minuman berkadar gula tinggi setiap harinya. Kita melakukan itu karena mengedepankan selera ketimbang kesehatan.

Menurut Alodokter, “Batasi makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, karena dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.”

Rajin Olahraga

Sophia Latjuba, Yuni Shara, dan Wulan Guritno yang disebut-sebut oleh netizen masih awet muda itu adalah orang-orang yang konsisten olahraga. Coba cek aktivitas mereka di media sosial, kami jamin kalian bakal sering lihat mereka berolahraga. 

Rajin olahraga akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Sudah banyak penelitian perihal itu. Bahkan, tanpa ada keinginan awet muda (emang ada? haha) pun, rutin olahraga semestinya menjadi aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang.

Jangan Merokok

Para perokok mungkin akan membantah dengan menyebut bahwa ini hanya propaganda di dunia kesehatan. Bisa jadi. Namun, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahaya rokok terhadap kesehatan dan dampaknya terhadap kulit wajah.

Furqon Satria, dokter spesialis jantung, membagikan ceritanya di Twitter saat bertemu kakek tua dengan usia 98 tahun tapi memiliki stamina yang prima. 

Furqon bertanya resep awet muda kepada kakek tersebut. Sang kakek menjawab, ada tiga resep. Pertama, jangan banyak pikiran, terima saja. Kedua, bergerak terus. Ketiga, jangan merokok.

Jadi Orang Kaya

Netizen banyak menyebut nama-nama artis yang awet muda. Tokoh-tokoh tersebut rutin pergi ke dokter kecantikan, mampu beli produk kecantikan yang mahal, bahkan tak sedikit operasi wajah di luar negeri. 

Maka dari itu, perlambatan penuaan bukan persoalan kamu tidak punya anak, melainkan kamu mampu hidup sehat dan punya uang untuk mengongkosi perawatan wajahmu. 

***

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya sedikit menceritakan teman kantor—nama inisialnya Kiky—yang memiliki wajah yang awet muda. Dari usia, Kiky-lah yang paling tua, tapi untuk wajah, dia tampak lebih muda 10 tahun dari usianya. 

Ketika mulai menulis artikel ini, saya bertanya kepadanya, apa tipsnya sehingga wajahnya lebih muda? Jawabnya cukup sederhana. Menurutnya, mau awet muda, biarkan wajahnya berlumur minyak. Sebab, dengan minyak itu, wajah tetap basah, tidak kering. Dengan itu, wajahmu tetap kelihatan segar karena punya skincare alami. Tapi, pernyataan Kiky ini tentu perlu dibuktikan lagi secara ilmiah.

Penulis: Safar

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
nimabi

Thank you very much for sharing, I learned a lot from your article. Very cool. Thanks. nimabi

User Login

The point of view of your article has taught me a lot, and I already know how to improve the paper on gate.oi, thank you. https://www.gate.io/tr/signup/XwNAU