Syarat Mutlak Jadi Petugas Damkar: Multitalenta

by | May 8, 2023

Damkar | Media Sosial | Viral

FOMOMEDIANamanya boleh saja pemadam kebakaran (damkar), tetapi para petugas kesatuan ini sesungguhnya punya banyak talenta.

Malah, mungkin gak berlebihan kalau kita menyebut para petugas damkar ini lebih multitalenta dibanding Agnes Monica di 2005.

Sesuai nama profesinya, tugas utama para petugas damkar, tentu saja, adalah memadamkan kebakaran. Namun, untuk kebutuhan apa pun, petugas damkar sangat bisa diandalkan.

Mengusir binatang dari rumah warga, misalnya. Kalau kita lihat akun Instagram @humasjakfire milik Damkar DKI Jakarta, satu dari sepuluh postingannya memuat konten evakuasi binatang.

Mulai dari ular, buaya, bahkan kelelawar yang terjebak di rumah warga langsung bisa diselamatkan. Semestinya, pekerjaan seperti ini jadi milik dinas seperti Department of Animal Control di Amerika Serikat. Tapi, karena kita gak punya dinas seperti itu, tupoksi pun jatuh ke pangkuan damkar.

Selain itu, damkar di Indonesia juga kerap membantu masyarakat yang mengalami kecelakaan aneh. Pada momen libur Hari Raya Idulfitri 2023 lalu, misalnya, petugas damkar dimintai tolong menyelamatkan seorang anak yang kepalanya terjebak di dalam kaleng biskuit.

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (26/4/2023) di Kel. Cempaka Baru, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat. Dengan peralatan seadanya, petugas damkar secara hati-hati akhirnya bisa melepaskan kepala anak kecil dari jepitan kaleng toples.

Kecelakaan aneh lain yang pernah ditangani petugas damkar adalah ketika ada seorang pria yang penisnya terjepit cincin. Perlu dicatat, ini cincin bukan sembarang cincin, melainkan cincin alat bantu seks.

Cincin penis atau cock ring dipercaya bisa memperbesar dan memperkeras ereksi serta membuat seorang pria lebih tahan lama di ranjang. Akan tetapi, risikonya, ya, itu tadi. Penis bisa terjepit dan, tak jarang, seseorang harus memanggil bantuan untuk melepaskannya.

Di kasus seperti ini, lagi-lagi damkar muncul sebagai pahlawan. Tak cuma di Indonesia, damkar di Malaysia dan Jerman pun pernah dimintai tolong melepaskan cincin dari penis pria. Syukurnya, mereka semua berhasil menunaikan tugas dengan baik.

Mengevakuasi binatang dan menyelamatkan orang dari kecelakaan aneh sebenarnya sudah umum dilakukan petugas damkar di berbagai belahan dunia. Mereka memiliki peralatan dan kemampuan untuk melakukan itu.

Akan tetapi, khusus di Indonesia, petugas damkar terkadang juga perlu bekal ilmu kebatinan. Bukan gimana-gimana, habisnya ada juga, lo, warga yang meminta bantuan damkar untuk membantu orang kesurupan!

Penanganan terhadap orang kesurupan itu pernah terjadi pada 7 Desember 2021 silam oleh para petugas damkar dari Kota Bogor.

Akun Twitter @sosmedkeras mengunggah ulang momen penyelamatan orang kesurupan itu pada 4 Mei 2023. Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari Pemadam Kebakaran Internasional.

Sepintas, semua yang dilakukan petugas damkar itu tampak aneh dan tak sesuai porsi. Akan tetapi, ya, begitulah tugas mereka. Bantuan apa pun yang dibutuhkan masyarakat, selagi bisa dilakukan, bakal mereka berikan.

“Punya saudara yang kerja di damkar, pernah cerita kalau di kantornya, dari 10 panggilan yang ada, paling hanya 1 yang berhubungan dengan kebakaran, 9 sisanya kasus beragam, dari nangkap ular, evakuasi sarang tawon, ngeluarin anak kejepit kursi, sampai melepas cincin dari penis,” tulis Agus Mulyadi, seorang penulis asal Magelang.

Bagi petugas damkar, tidak ada pekerjaan yang terlalu remeh. Jadi, bukan hal mengherankan kalau mereka punya tempat spesial di hati masyarakat. Apalagi, pelayan masyarakat yang lain kadang suka gimana gitu kalau dimintai tolong.

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments