Spanyol, Norwegia, dan Irlandia Resmi Mengakui Negara Palestina

by | May 29, 2024

Internasional | Irlandia | Norwegia | Palestina | Spanyol
pengakuan negara palestina

FOMOMEDIAMenjadi negara Palestina yang merdeka bukan hal mustahil. Terbaru, tiga negara Eropa, Spanyol, Norwegia, dan Irlandia resmi akui Palestina sebagai negara.

Spanyol, Norwegia, dan Irlandia secara resmi telah mengakui negara Palestina. Pengakuan tersebut diumumkan pada Selasa (21/5/2024) kemarin. Hal ini semakin menunjukkan bahwa Palestina mendapat dukungan banyak dari dunia internasional.

Tiga negara tersebut tengah berupaya untuk mempercepat cara mencapai gencatan senjata dalam perang Israel melawan Hamas. Setidaknya, dengan pengakuan dari Madrid, Oslo, dan Dublin bisa mendorong Uni Eropa untuk melakukan hal sama.

“Ini adalah satu-satunya cara untuk maju menuju apa yang semua orang akui sebagai satu-satunya solusi yang mungkin untuk mencapai masa depan yang damai, salah satu negara Palestina yang hidup berdampingan dengan negara Israel dalam perdamaian dan keamanan,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dikutip dari Reuters.

Spanyol mengakui negara Palestina yang bersatu di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Selain itu, wilayah Yerusalem Timur juga berhak masuk ke dalam wilayah Palestina.

Dengan adanya dukungan dari tiga negara itu, semakin mempertegas posisi Palestina di PBB. Dari 193 negara anggota PBB, saat ini terhitung sudah ada 146 negara yang mengakui keberadaan negara Palestina.

Sanchez mempertegas sikap Spanyol terkait wilayah Palestina. Negeri Matador tersebut mengakui bahwa wilayah Palestina akan tetap sebelum tahun 1967.

Irlandia Gerak Cepat

Selain menyatakan sikap pengakuan, Irlandia langsung gerak cepat untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Departemen Luar Negeri Irlandia pekan lalu mengatakan bahwa mereka akan meningkatkan kantor perwakilannya di Ramallah di Tepi Barat menjadi kedutaan.

“Kami ingin mengakui Palestina pada akhir proses perdamaian. Namun, kami telah melakukan langkah ini bersama Spanyol dan Norwegia untuk menjaga keajaiban perdamaian tetap hidup,” kata Perdana Menteri Irlandia Simon Harris.

BACA JUGA:

Kini, dari 27 anggota Uni Eropa, selain tiga negara itu, beberapa negara lain juga menyatakan dukungannya. Negara itu mulai dari Swedia, Siprus, Hongaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania, dan Bulgaria.

Sementara, Inggris masih mempertimbangkan pengakuan itu. Sedangkan, Jerman masih setia bergabung dengan Israel dan Amerika Serikat.

Dampak Pengakuan

Langkah yang dilakukan oleh Spanyol, Norwegia, dan Irlandia dinilai sangat tepat. Selain dari segi formal pemerintahan, masyarakat tiga negara itu secara kultural juga menyatakan dukungannya kepada Palestina.

Menyitat laporan BBC, pengakuan tiga negara itu bakal dianggap meningkatkan tekanan diplomatik terhadap Israel. Apalagi, dua pengadilan internasional saat ini telah menyerukan untuk mengakhiri operasi Pasukan Pertahanan Israel di Gaza dan menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan kejahatan perang.

Pengakuan dari tiga negara itu juga semakin memberikan tekanan pada negara Eropa lainnya. Setidaknya, perlahan tetapi pasti, dukungan kepada Palestina semakin mengalir.

“Ini sangat penting. Ini mencerminkan rasa frustrasi Eropa terhadap penolakan pemerintah Israel untuk mendengarkan,” kata seorang diplomat Arab, dikutip dari BBC.

Adapun saat ini Palestina di dalam PBB memiliki status sebagai pengamat. Namun, jika kemerdekaan penuh didapat negara Palestina, maka statusnya akan semakin meningkat dan setara dengan negara-negara lain.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
kingymab

What i do not realize is in fact how you are no longer actually much more wellfavored than you might be right now Youre very intelligent You recognize thus considerably in relation to this topic made me in my view believe it from numerous numerous angles Its like men and women are not fascinated until it is one thing to do with Lady gaga Your own stuffs excellent All the time handle it up