Somalia Malu Punya Sprinter Paling Lambat di Dunia

by | Aug 3, 2023

Internasional | Olahraga | Somalia

FOMOMEDIA – Menpora Somalia mencak-mencak karena federasi atletik mengirimkan atlet tak terlatih yang memalukan nama negara ke World University Games 2023.

Di level elite, rata-rata waktu yang dibutuhkan seorang sprinter perempuan untuk menyelesaikan balap lari 100m adalah 11,4 detik. Akan tetapi, dalam gelaran World University Games 2023 di Chengdu, China, seorang pelari asal Somalia membutuhkan waktu hampir dua kali lipat dari rata-rata yang ada.

Nasra Abukar Ali adalah nama “sprinter” perempuan tersebut. Pada babak kualifikasi yang dihelat Selasa (1/8/2023) waktu setempat, atlet Somalia itu mencatatkan waktu 21,81 detik untuk menyelesaikan satu balap lari 100m. Sontak, peristiwa ini pun viral dan jadi perbincangan di media sosial.

Seorang pengguna Twitter bernama Elham Garaad menulis, “Kementerian Pemuda dan Olahraga [Somalia] mestinya mundur. Sungguh menyakitkan melihat inkompetensi semacam ini dari sebuah pemerintahan. Bagaimana bisa mereka memilih seorang perempuan tidak terlatih untuk mewakili Somalia di balap lari? Sungguh memalukan.”

Tampak Tidak Terlatih

Cuitan Garaad itu dibarengi dengan video berdurasi 1 menit 10 detik yang menunjukkan bagaimana balap lari 100m itu digelar. Memang, dari rekaman yang ada, Nasra Abukar tampak jauh lebih tidak fit dan terlatih dibanding para pelari lain. Tubuhnya jauh lebih gempal dan teknik berlarinya sangat buruk. Tak heran jika dia jauh tertinggal.

Yang menarik, persatuan universitas Somalia sendiri mengaku tidak mengirimkan satu pelari pun ke China untuk mengikuti World University Games 2023. Artinya, tanggung jawab ini ada pada badan lain, entah federasi atletik atau kementerian terkait.

Menanggapi viralnya video Nasra Abukar, Menteri Pemuda dan Olahraga Somalia, Mohamed Barre Mohamud, langsung meminta ketua federasi atletik, Khadija Aden Dahir, untuk diskors. Menurutnya, apa yang dilakukan federasi tersebut sudah membuat malu Somalia.

Adapun, dari peristiwa ini, turut beredar pula gosip bahwa Nasra Abukar adalah kerabat dari Khadija Aden. Entah benar atau tidak rumor tersebut, yang jelas, kita semua bisa bersepakat bahwa ajang sekelas World University Games bukanlah tempat bagi pelari seperti Nasra Abukar.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments