Slipknot Umumkan Perpisahan dengan Drummer Jay Weinberg

by | Nov 6, 2023

Hiburan | Jay Weinberg | Musik | Slipknot

FOMOMEDIA – Drummer Slipknot Jay Weinberg resmi hengkang. Bermain hampir satu dekade, ia telah berperan apik menggantikan Joey Jordison.

Grup musik Slipknot secara resmi mengumumkan perpisahan dengan drummernya, Jay Weinberg. Kabar tersebut disampaikan Slipknot melalui situs web dan akun media sosial, Senin (6/11/2023) dini hari WIB.

Weinberg jadi salah satu pemain penting di band metal yang berciri khas topeng seram tersebut. Setelah bergabung pada 2014, Weinberg mampu menggantikan peran Joey Jordison yang hengkang pada Desember 2013.

Keluarnya Jordison pada waktu itu memang menjadi teka-teki tersendiri. Baik dari Slipknot atau pun Jordison tidak memberikan pernyataan resmi.

Sosok Jordison, yang sekaligus sebagai salah satu pendiri Slipknot, dianggap memiliki karakter yang khas dalam bermain musik. Namun, tiba-tiba saja, Jordison memilih meninggalkan grup yang dibentuknya itu.

Belakangan, sebelum wafat pada 2021, diketahui Jordison mengidap penyakit langka bernama transverse myelitis yang mengganggu performanya. Meski sudah menjalani terapi, drummer kelahiran 1975 itu tak mampu mendapatkan kembali tenaga di kaki sebelah kiri.

Setelah Jordison hengkang, Weinberg dianggap sukses menjadi pengganti. Meski sebelumnya pernah bermain di Against Me! yang beraliran punk, ia memiliki suara, gaya, dan energi yang persis seperti Jordison. Bahkan, pria kelahiran New Jersey, Amerika Serikat, 8 September 1990, tersebut tidak mengubah bagian-bagian ritme musik yang dikembangkan Jordison.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jay Weinberg atas dedikasi dan semangatnya selama sepuluh tahun terakhir,” tulis Slipknot, dikutip dari Billboard.

“Slipknot bertekad untuk terus berkembang. Band ini telah memutuskan untuk membuat keputusan kreatif dan berpisah dengan Jay. Kami mendoakan yang terbaik untuk Jay dan sangat bersemangat dengan apa yang akan terjadi di masa depan,” lanjut keterangan Slipknot.

Bermain untuk Beberapa Album

Sejak bergabung bersama Slipknot, Weinberg telah berkontribusi besar. Selama hampir satu dekade itu, Weinberg pun terlibat dalam beberapa album. Mulai dari 5: The Gray Chapter (2014), We Are Not Your Kind (2019), dan The End, So Far (2022).

Berbagai album tersebut dibawakan apik oleh Weinberg. Ia terlihat masih menghormati gaya bermain yang telah diciptakan oleh Jordison. Weinberg juga senantiasa mendampingi Slipknot dalam tur-turnya, termasuk saat tampil di Indonesia pada Hammersonic Festival 2023.

“[Saya] memiliki rasa hormat yang besar terhadap musik band ini, memiliki rasa hormat yang sangat besar kepada Joey Jordison sebagai pribadi dan sebagai pemain. Saya memahami peran saya dalam memberikan apa yang dibutuhkan band ini,” kata Weinberg dalam sebuah wawancara yang dilakukan pada 2016 oleh Music Radar, dikutip dari Blabbermouth.

Sementara itu, sejak kabar pengumuman hengkang dari Slipknot, Weinberg belum memberikan pernyataan resmi.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] hengkang dari Slipknot tahun lalu, drummer Jay Weinberg kini bergabung dengan band crossover-thrash veteran, Suicidal […]