Sir Jim Ratcliffe Resmi Beli Saham Manchester United 25 Persen 

by | Dec 26, 2023

Manchester United | Sepak Bola | Sir Jim Ratcliffe

FOMOMEDIAMeski membeli 25 persen saham MU, Sir Jim Ratcliffe dianggap akan membawa angin segar. Akankah Setan Merah berjaya lagi?

Akhirnya nasib klub Manchester United (MU) semakin jelas. Terutama dalam hal kepemilikan, saat ini miliarder bernama Sir Jim Ratcliffe secara resmi membeli saham 25 persen klub berjuluk Setan Merah itu.

Ratcliffe setidaknya perlu merogoh kocek sekitar 1,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp20 triliun. Dengan dana segitu, menurut laporan BBC, Grup Ineos Ratcliffe akan mengambil kendali operasi urusan sepak bola.

Tak hanya itu, sebagai bentuk kesepakatan, Ratcliffe juga menyediakan dana sekitar 300 juta dolar AS. Direktur utama Ineos tersebut ingin investasi masa depan di stadion klub Old Trafford.

Pembelian saham yang dilakukan oleh pria berusia 71 tahun itu memang mengejutkan. Ditambah lagi, salah satu klub papan atas Liga Inggris itu diisukan sedang dipertimbangkan oleh pemiliknya, keluarga Glazer.

Namun, dalam hal pembelian saham ini, Ratcliffe membutuhkan ratifikasi untuk mendapatkan kepemilikan saham MU. Setidaknya, ratifikasi itu membutuhkan waktu 6 sampai 8 pekan.

Sedangkan, keluarga Glazer sendiri masih memiliki saham yang disebut sebagai super-voting. Setidaknya terdapat 69 persen saham MU dalam bentuk super-voting itu.

Dengan demikian, maka keluarga itu masih memiliki 97 persen klub. Bahkan, keputusan besar keluarga Glazer terhadap klub masih berpengaruh besar.

Baca juga:

Awal Mula Kepemilikan Keluarga Glazer

Bagi masyarakat Manchester dan pendukung MU di seluruh dunia, keluarga Glazer memang sohor. Namun, sejak dimiliki oleh keluarga itu, klub tersebut dianggap semakin lesu.

Menurut laporan Sky News, keluarga Glazer mengalami cercaan setelah tidak berhasil membawa Setan Merah berjaya. Hingga akhirnya isu mengenai penjualan saham makin berhembus kencang akhir-akhir ini.

Adapun keluarga Glazer mengambil kendali MU sejak Juni 2005 silam. Konglomerat Amerika Serikat bernama Malcolm Glazer membeli klub itu.

Dalam transaksi waktu itu, MU diambil alih keluarga Glazer senilai 790 juta poundsterling. Gara-gara nilai itu, MU justru langsung terlilit utang sebesar 500 juta poundsterling.

Sejak dibeli oleh keluarga Glazer, banyak fans MU yang protes. Bahkan, protes rutinan selalu digelar di Old Trafford.

Angin Segar Setan Merah

Meski tidak membeli saham secara keseluruhan, dengan 25 persen itu Ratcliffe dianggap akan membawa angin segar ke Manchester. Apalagi, orang terkaya nomor dua di Inggris ini lahir di kota itu dan menjadi fans MU.

Para penggemar MU pun akan semakin lega. Setidaknya, dalam hal urusan sepak bola, klub itu akan semakin dianggap mendapat kejelasan.

“Meskipun kesuksesan komersial klub telah memastikan selalu tersedia dana untuk memenangkan trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terbuka dalam beberapa waktu terakhir,” kata Ratcliffe, dikutip dari BBC.

“Kami akan membawa pengetahuan, keahlian, dan bakat global dari grup Ineos Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan lebih lanjut di klub, sekaligus menyediakan dana yang memungkinkan investasi masa depan di Old Trafford,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ratcliffe ingin mengembalikan era kejayaan MU di kancah Inggris, Eropa, dan dunia.

Sementara itu, Gary Neville memberikan pendapat mengenai hadirnya Ratcliffe. Mantan kapten MU ini menganggap bahwa sosok Ratcliffe akan memberikan dampak pada klub.

“Ada banyak hal yang harus dilakukan di Manchester United dan Sir Jim Ratcliffe dengan 25 persen sahamnya tidak akan mampu memperbaiki semuanya pada hari pertama, tetapi yang saya harap adalah dia mampu mengomunikasikan rencana yang jelas,” ucap Neville, dikutip dari Sky News.

“Dia harus memberikan dampak terhadap budaya seluruh klub, dan perasaan di seluruh klub, dia harus menyentuh setiap poin di klub,” pungkasnya.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments