Siap-siap, Harga Langganan Netflix Bakal Naik

by | Oct 4, 2023

Ekonomi | Film | Hiburan | Hollywood | Netflix

FOMOMEDIA – Menyusul tercapainya kesepakatan dengan serikat buruh Hollywood, harga langganan Netflix bakal naik. Mulai kapan?

Netflix dikabarkan akan menaikkan harga langganan penggunanya usai pemogokan buruh Hollywood berakhir. Perusahaan layananan streaming dan produksi film yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS), itu akan membahas rencana tersebut untuk beberapa pasar global.

Per hari ini, pemogokan buruh Hollywood terlihat akan segera berakhir. Serikat penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) sudah berhasil mencapai kesepakatan dengan pihak studio. WGA berhasil mendapatkan kontrak baru mulai dari 25 September 2023 hingga 1 Mei 2026 setelah 148 hari mogok.

Sementara, serikat aktor yang tergabung dalam Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (Sag-Aftra) masih mogok. Sag-Aftra yang melakukan mogok bersama sejak 14 Juli 2023 hingga kini masih melakukan negosiasi dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP).

Dengan adanya pertemuan negosiasi antara Sag-Aftra dengan pihak studio pun dianggap akan menyusul kesepakatan yang dilakukan oleh WGA. Pada hari Rabu (4/10/2023) hari ini, Sag-Aftra dan AMPTP sedang berunding untuk mendapatkan kesepakatan.

Ancang-ancang Netflix

Menurut laporan NME, Netflix yang termasuk dalam anggota AMPTP telah mengambil ancang-ancang. Apalagi, kini negosiasi dengan pihak serikat aktor sedang dilakukan.

Ancang-ancang Netflix tersebut diwujudkan dalam bentuk menaikkan biaya langganan. Namun, opsi tersebut akan diberlakukan dahulu di AS dan Kanada.

NME menyebut bahwa perusahaan tersebut belum memiliki kejelasan terkait berapa besaran kenaikan biaya langganan. Bahkan, untuk waktu penetapan kenaikan tersebut belum jelas kapan diresmikan.

Untuk harga paket Netflix dengan dua perangkat streaming di AS, saat ini dibanderol 15,49 dolar per bulan. Bagi pengguna tingkat premium menggunakan empat perangkat dibanderol 19,99 dolar per bulan. Sementara, harga paket Netflix di Indonesia mulai dari Rp54.000 hingga Rp186.000 per bulannya.

Pada Maret 2023 lalu, Netflix mengklaim bahwa penggunanya meningkat 5,9 juta pelanggan secara global. Hal itu akibat dari perubahan kebijakan pembuatan kata sandi untuk tiap akun anggota keluarga yang tidak dikenakan biaya lagi.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments