Setelah Sekian Lama, Penyebab Kulit Gatal Akhirnya Ditemukan

by | Nov 26, 2023

Gatal | Kesehatan | Riset

FOMOMEDIA – Para ilmuwan menemukan penyebab rasa gatal di kulit. Mereka pun sedang mengembangkan obat gatal jenis baru.

Salah satu hal yang mengganggu aktivitas kita adalah rasa gatal. Gara-gara gatal yang ada di bagian tubuh tertentu, akan membuat tangan kita ingin menggaruk secara terus menerus.

Menggaruk bagian tubuh yang gatal memang tidak salah. Namun, hal itu justru bisa memperparah rasa gatal.

Lalu, apakah kita tahu apa yang menyebabkan rasa gatal pada kulit? 

Baru-baru ini para ilmuwan di Harvard Medical School telah mengidentifikasi bagaimana bakteri membuat kita gatal dengan bertindak langsung pada sel-sel saraf.

Menurut laporan Sky News, para peneliti tersebut memaparkan dengan studi kasus menggunakan kulit tikus pada bakteri Staphylococcus aureus. Hasilnya, tikus-tikus mengalami rasa gatal yang semakin parah selama beberapa hari.

Rasa gatal bukan berasal dari bakteri itu sendiri. Namun, bakteri tersebut telah membuat hewan pengerat tadi sensitif pada sentuhan. Rasa sensitif itulah yang menjadikan rasa gatal tak berkesudahan.

Tidak Hanya Penderita Eksem

Eksem merupakan kondisi ketika kulit mengalami peradangan. Biasanya, kondisi ini bisa dilihat dengan adanya ruam merah di kulit dan terasa gatal.

Sementara, menurut para peneliti tersebut, kondisi gatal tidak hanya terjadi pada kondisi eksem saja. Biasanya, rasa gatal muncul akibat bakteri yang ada pada jaket, kaus, dan pakaian lain yang belum dicuci.

Para peneliti juga melakukan percobaan di laboratorium. Mereka menggunakan beberapa versi bakteri Staphylococcus aureus yang sudah dimodifikasi. Bakteri tersebut diidentifikasi apakah menjadi penyebab tunggal terjadinya rasa gatal.

“Kami menunjukkan bahwa hal-hal ini dapat dipisahkan. Anda tidak harus mengalami peradangan agar mikroba dapat menyebabkan gatal, tetapi rasa gatal tersebut memperburuk peradangan pada kulit,” kata Liwen Deng, salah satu peneliti, dikutip dari Sky News.

Bikin Krim Anti Gatal

Dalam penelitian tersebut, para peneliti tidak hanya ingin mengetahui penyebab dari rasa gatal. Melainkan, mereka juga mencari cara supaya bisa menghilangkan rasa gatal. Salah satunya adalah dengan membikin krim kulit.

Sebelum membikin krim kulit, para peneliti harus mencari tahu akar dari rasa gatal itu. Adapun diketahui bahwa salah satu penyebab gatal yakni keberadaan enzim bakteri tunggal yang bisa memicu terjadinya rasa gatal. 

Enzim tunggal tersebut juga biasa disebut V8. Dari V8 itulah kemudian bisa mengaktifkan protein yang disebut PAR1. Jenis protein tersebut ditemukan pada neuron kulit yang membawa berbagai sinyal seperti rasa sakit, panas, dan gatal ke dalam otak.

Para peneliti menyebut bahwa jenis protein tersebut juga terlibat dalam pembekuan darah. Oleh sebab itu, mereka mencoba membuat obat anti pembekuan darah yang sudah disetujui.

Dari obat itulah kemudian rencananya akan dikembangkan menjadi obat anti gatal bagi manusia. Salah satunya dengan membuat jenis krim baru yang bisa menghilangkan rasa gatal.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments