Serikat Penulis Hollywood Sepakat Akhiri Mogok, Bagaimana Nasib Serikat Aktor?

by | Sep 26, 2023

Buruh | Film | Hiburan | Hollywood | Pemogokan

FOMOMEDIA – Serikat penulis Hollywood sepakat akhiri aksi mogok setelah beberapa tuntutan mereka, termasuk soal bayaran, dipenuhi pihak studio.

Serikat penulis Hollywood yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) tidak lama lagi akan mengakhiri pemogokan. Setelah mogok hampir lima bulan, WGA akhirnya mencapai kesepakatan tentatif dengan pihak studio yang tergabung dalam Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP).

Setelah mengadakan negosiasi selama lima hari berturut-turut, kesepakatan tentatif dicapai pada Minggu (24/9/2023) lalu. Itu berarti, baik dari pihak WGA dan AMPTP masih belum mencapai kesepakatan final. 

WGA dan AMPTP belum mengumumkan secara detail kesepakatan apa saja yang telah disetujui. Namun, kedua belah pihak menyebut bahwa kesepakatan kali ini telah dianggap akan memberikan keuntungan dan perlindungan bagi penulis skenario Hollywood.

The Guardian melaporkan, pertemuan negosiasi itu juga dihadiri oleh beberapa perwakilan eksekutif industri terkemuka. Mereka adalah CEO Warner Bros Discovery David Zaslav, Wakil CEO Netflix Ted Sarandos, dan Ketua Grup NBC Universal Studio Donna Langley. Mereka berperan dalam membantu kebuntuan negosiasi yang telah berlangsung.

Mendapat Pujian

WGA telah melakukan pemogokan sejak awal Mei 2023 lalu. Pemogokan tersebut mendapat berbagai dukungan dari serikat buruh Hollywood. Bahkan, pada pertengahan Juli, WGA disusul oleh Serikat aktor Hollywood yang tergabung dalam Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (Sag-Aftra).

Kedua serikat buruh tersebut akhirnya kompak melakukan pemogokan bersama. Beberapa tuntutan dilayangkan kepada pihak AMPTP.

Namun, dikarenakan tak kunjung digubris, negosiasi terus berjalan alot. Bahkan, hanya WGA yang sudah melakukan pertemuan dengan pihak studio. Sementara, pemogokan aktor masih terus berlangsung.

Kini, WGA dan AMPTP telah berhasil menyetujui kesepakatan tentatif. Langkah tersebut pun mendapatkan banyak pujian. Salah satunya dari Gubernur California Gavin Newsom.

“[Para penulis] melakukan pemogokan karena adanya ancaman nyata terhadap karier dan mata pencaharian mereka–mengungkapkan keprihatinan nyata atas stres dan kecemasan yang dirasakan para pekerja. Saya bersyukur kedua belah pihak bersatu,” kata Newsom, dikutip dari The Guardian.

Senada dengan Newsom, Gubernur New York Kathy Hochul juga turut mengapresiasi adanya kesepakatan tersebut. Menurutnya, adanya pemogokan telah berdampak pada usaha kecil, proyek film, hingga ribuan pekerja di seluruh negara bagian Amerika Serikat (AS).

“Industri film New York adalah tulang punggung perekonomian kita. Saya berharap semua pihak dapat bergerak cepat menuju perjanjian akhir yang membuat warga dan dunia usaha New York kembali bekerja,” ujar Hochul, dinukil dari BBC.

Biden Ikut Beri Apresiasi

Tak jauh berbeda dengan dua gubernur tersebut, Presiden AS Joe Biden juga turut memuji serikat penulis yang telah sabar menanti kesepakatan dalam pemogokan beberapa bulan.

“Saya memuji Writers Guild of America dan Alliance of Motion Picture and Television Producers yang telah mencapai kesepakatan tentatif yang akan memungkinkan para penulis untuk kembali melakukan pekerjaan penting dalam menceritakan kisah-kisah bangsa kita, dunia kita–dan kita semua,” kata Biden.

Menurut Biden, tuntutan WGA seperti masalah kecerdasan buatan yang mengancam bisa dimenangkan dengan tidak mudah. Bahkan, dalam isu hasil kesepakatan yang beredar, WGA mempu mendapatkan pembayaran yang lebih baik dari perusahaan streaming. Biden pun memuji adanya perundingan bersama itu.

Para pimpinan serikat penulis pun kini diharapkan mampu melakukan pemungutan suara sebagai syarat penuh untuk kontrak berdurasi tiga tahun ke depan.

Bagaimana Nasib Sag-Aftra?

Meski WGA dan AMPTP berhasil menemui kesepakatan tentatif, serikat aktor masih melakukan pemogokan. Hingga kini Sag-Aftra masih berselisih dengan pihak studio.

Dengan adanya aksi pemogokan yang masih berlangsung, industri Hollywood pun belum bisa pulih. Apa gunanya jika ada penulis skenario tetapi tidak ada serikat aktor?

“Kami tetap melakukan pemogokan dalam kontrak TV/Teater kami dan terus mendesak CEO studio dan streamer serta AMPTP untuk kembali ke meja perundingan dan membuat kesepakatan adil yang pantas dan diminta oleh anggota kami,” kata keterangan resmi Sag-Aftra, dikutip dari The Guardian.

Lantas, akan sampai kapan para serikat aktor itu akan ke meja perundingan bersama para pihak studio? Pertemuan ini penting dilakukan lantaran sudah banyak proyek penggarapan film yang terkena dampak pemogokan.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] penantian cukup panjang, akhirnya serikat penulis Hollywood yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) memiliki kejelasan. WGA yang sempat melakukan […]