Serangan Hamas ke Israel, Iran Dianggap sebagai Dalang

by | Oct 9, 2023

Internasional | Iran | Israel | Palestina | Politik | Timur Tengah

FOMOMEDIA – Apakah Iran yang baru saja menerima dana segar dari Amerika Serikat merupakan dalang di balik serangan Hamas ke Israel?

Konflik Palestina dan Israel kembali memanas. Tentara Hamas yang menjadi salah satu kelompok militan Palestina menyerang Israel pada Sabtu (7/10/2023) pagi.

Akibat konflik tersebut, jatuh korban dari kedua belah pihak. Menurut laporan The Guardian, setidaknya 700 orang Israel tewas. Sementara, di Gaza sendiri, setidaknya ada 413 warga Palestina yang meninggal.

Selain korban tewas, tercatat 2.300 orang mengalami luka-luka, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Hingga kini pertempuran masih berlangsung sengit. Pasukan Hamas dianggap melakukan serangan yang tersusun dengan rapi. Salah satu yang sempat menjadi sorotan yakni penggunaan paralayang supaya bisa memasuki wilayah yang diduduki oleh Israel.

Konflik antara Palestina dan Israel sudah terjadi sejak lama. Namun, salah satu yang cukup dingingat yakni ketika Israel menaklukkan Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur pada Juni 1967. Sejak saat itu, pemerintah Israel membangun permukiman.

Sementara, pasukan Hamas sendiri didirikan pada 1987 bertujuan untuk membebaskan Palestina dari pendudukan Israel. Hingga kini, kedua negara masih berkonflik atas perebutan tanah terutama di wilayah tiga wilayah itu.

AS Mendukung Israel

Serangan Hamas ke Israel langsung direspons oleh Amerika Serikat. Dalam pidatonya pada Minggu (8/10/2023) kemarin, Preside Joe Biden menegaskan bahwa AS akan mendukung penuh Israel atas konflik yang terjadi.

“Dalam momen tragedi ini, saya ingin mengatakan kepada mereka dan kepada dunia serta pada teroris di mana pun, bahwa AS berada di pihak Israel,” kata Biden, dikutip dari Twitter resmi Presiden Biden.

“Kami tak akan gagal menyokong mereka (Israel). Kita akan memastikan bahwa Israel akan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan oleh warganya dan mereka bisa tetap bisa mempertahankan diri,” lanjutnya.

Respons tersebut disampaikan setelah Gedung Putih memastikan ada beberapa warga AS yang terbunuh akibat serangan Hamas. Kini, AS pun akan membantu pertahanan Israel. Bahkan, kapal induk perang bernama USS Gerald R. Ford akan dipindahkan lebih dekat ke Israel di Mediterania.

Iran Diduga sebagai Dalang

Dalam serangan pasukan Hamas yang terorganisir, Israel menuding bahwa ada peran Teheran sebagai dalang. Tudingan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Israel Isaac Herzog pada Sabtu (7/10/2023) malam. Dalam pertanyaannya, Herzog menuding bahwa serangan tersebut telah didukung dan diarahkan oleh para komandan militer Iran.

Sementara itu, pihak Iran sendiri menyebut bahwa serangan yang dilakukan oleh Hamas merupakan kemenangan besar. Pada Minggu (8/10/2023) kemarin, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyatakan bahwa negaranya mendukung hak warga Palestina untuk membela diri.

Pernyataan Iran yang mendukung Hamas itu pun semakin menegaskan bahwa negara tersebut dianggap sebagai dalang. Senada dengan itu, The Guardian menyebut bahwa Iran dan kekuatan yang didukungnya memiliki tujuan strategis jangka panjang.

Tujuan jangka panjang Iran itu, salah satunya, yakni menggagalkan serangan AS. Iran juga berusaha untuk menggagalkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Israel. Pasalnya, jika kedua negara tersebut semakin akrab, kedudukan AS di Timur Tengah akan semakin kokoh.

Namun, dukungan Iran terhadap Palestina dan serangan Hamas akan membuat kesepakatan Arab Saudi dengan Israel sulit dicapai. Apalagi, di mata Iran, Arab Saudi merupakan salah satu sponsor utama yang berpengaruh bagi Palestina.

“Seperti yang dikatakan orang-orang Eropa, mereka bertaruh pada kuda yang kalah. Saat ini, situasi rezim Zionis bukanlah situasi yang seharusnya memotivasi kedekatan dengan rezim Zionis; mereka seharusnya tidak melakukan kesalahan ini,” kata Ayatollah Ali Khamenei selaku pemimpin tertinggi Iran, dikutip dari The Guardian.

Sementara itu, dukungan Iran terhadap serangan Hamas tersebut berjarak tidak lama usai negara tersebut berhasil mencairkan dana kemanusiaan 6 miliar dolar AS. Uang hasil penjualan minyak yang sempat ditahan oleh AS tersebut bisa dipegang Iran kembali usai pertukaran tahanan pada September 2023 lalu.

Kini, keberadaan dana kemanusiaan tersebut secara sah bisa disalurkan oleh Iran ke warga Palestina.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Serangan Hamas ke Israel, Iran Dianggap sebagai Dalang […]