Seniman Grafiti Banksy Digugat atas Pencemaran Nama Baik

by | Oct 5, 2023

Banksy | Internasional | Kriminal | Seni

FOMOMEDIA – Seniman grafiti berpseudonim Banksy kembali jadi sorotan. Bukan gara-gara karya seninya, melainkan karena kasus pencemaran nama baik.

Seniman Banksy diketahui kini sedang menghadapi hukum di Pengadilan Tinggi Inggris. Seniman misterius itu telah dituduh melakukan pencemaran nama baik.

Banksy dianggap misterius lantaran hingga saat ini identitas aslinya belum diketahui secara pasti. Lewat mural dan grafiti, dia dikenal aktif menyuarakan ketidakadilan.

Berbagai karya Banksy bisa dilihat di akun Instagram-nya. Dengan 12,1 juta pengikut, dia jadi salah satu seniman mural yang produktif dan memiliki banyak penggemar. Bahkan, karya-karyanya telah laris dengan harga jutaan dolar. 

Kini, menurut laporan Daily Mail, pria kelahiran Bristol, Inggris, itu telah menjadi terdakwa pertama dalam gugatan hukum tentang pencemaran nama baik. 

Sementara, sosok di balik gugatan tersebut adalah Andrew Gallagher, seorang pengusaha yang berkecimpung di dunia musik sejak 1990-an. Sosok Gallagher jadi salah satu orang pertama yang memanfaatkan adanya potensi komersial dari grafiti.

Kini, Gallagher menuduh Banksy telah mengambil karya fotonya. Menurut Gallagher, sang seniman sebagai “anak baru” dalam dunia grafiti telah mengambil sebagian besar fotonya.

“Saya tidak menyadarinya saat itu, tetapi sebagian besar foto yang saya ambil diambil oleh seorang ‘anak baru’ di blok tersebut yang bernama Banksy,” kata Gallagher, dikutip dari Daily Mail.

Perkara Hak Cipta

Permasalahan keduanya tidak hanya kali ini saja terjadi. Perseteruan keduanya itu terkait masalah hak cipta dari beberapa karya seni grafiti.

Banksy sendiri sudah pernah berurusan dengan pengadilan. Pada 2014, seniman yang diduga bernama asli Robin Gunningham itu berhasil mengajukan merek dagang Uni Eropa pada tahun 2014.

Namun, keputusan tersebut dibatalkan pada 2021 usai Gallagher mengajukan banding. Banksy dan Pest Control, perusahaan yang didirikannya, memilih diam atas banding itu.

“Para hakim mencatat bahwa Banksy, yang telah menyatakan bahwa ‘hak cipta adalah untuk yang kalah’, telah lama menyatakan penghinaan terhadap hak kekayaan intelektual,” tulis laporan Daily Mail.

Dengan adanya permasalahan hak cipta merek dagangnya itu, Banksy pun akhirnya memenangi gugatan pada 2022 lalu. Namun, permasalahannya dengan Gallagher kini belum usai.

Dengan adanya tuntutan hukum dari Gallagher, akankah wajah asli sang bomber (seniman grafiti, red.) muncul di pengadilan? Kita nantikan saja.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Seniman Grafiti Banksy Digugat atas Pencemaran Nama Baik […]

[…] begitu, ia cukup sering berkolaborasi. Ia terlibat dalam pembuatan video musik James Blake bertajuk “Are You Even Real?”. Yoon juga […]