Semua Makanan di TV Bisa Kamu Cicipi dengan Alat Canggih Ini

by | Nov 19, 2023

Kuliner | Rasa | Teknologi

FOMOMEDIA – Alat penjiplak rasa makanan sedang dikembangan. Meski tidak membikin kenyang, perangkat tersebut dianggap mampu membikin rasa yang persis.

Sebuah alat penjiplak rasa makanan baru saja diciptakan. Perangkat tersebut memungkinkan para penonton acara kuliner mencicipi rasa makanan yang ada di layar televisi, langsung dari rumah masing-masing.

Perangkat yang bisa menciptakan rasa apa pun tersebut terinspirasi acara The Great British Baking Show, acara lomba pembuatan kue dan roti di Inggris.

Banyak penggemar acara kuliner tersebut penasaran dengan hasil masakan para koki yang sedang berlomba. Namun, untuk mencicipi semua rasa jenis pai, roti, kue, dan biskuit itu, penonton tidak perlu datang ke toko. 

Sebuah perangkat baru mampu mentransfer rasa yang bisa diambil dari komposisi makanan apa pun. Perangkat baru yang belum diberi nama tersebut mampu membuat kembali cita rasa sama tanpa menyerupai bentuk yang sama.

Sedang Dikembangkan

Menurut laporan Unilad, perangkat baru itu saat ini sedang diuji oleh Alan Chalmers, dari Universitas Warwick di Inggris. Menurut Chalmers, acara The Great British Baking Show hanya membuat para penonton ngiler.

“Anda dapat [memiliki] resep-resep itu di perangkat rumah Anda. Dan ketika juri mencobanya, Anda dapat menyemprotkannya sendiri,” kata Chalmers.

“Rasa yang masuk ke mulut mereka punya nomor, Anda cukup membuat ulang nomor itu di perangkat Anda,” lanjutnya.

Chalmers mengatakan cara kerja alat tersebut cukup mudah. Semua rasa dasar seperti manis, asam, pahit, asin, dan gurih akan bisa tergabung menjadi satu tergantung jenis makanan apa yang akan dibikin rasanya.

Bagi Chalmers, setiap rasa adalah sebuah titik dalam ruang rasa dan setiap dari kita dianggap bisa menggambarkan hal itu, mulai dari rasa, aroma, dan ketika sudah di dalam mulut.

Chalmers yang terlibat dalam pengembangan perangkat pembuat rasa baru itu menganalogikan rasa seperti warna. Seseorang yang nantinya memiliki perangkat tersebut bisa menggerakan kursor dan melihat perubahan warna dari ke warna berikutnya.

Dengan analogi sederhana itu, Chalmers mengungkapkan bahwa cara kerja perangkat tersebut akan mengeluarkan rasa manis, asin, pahit, dan lain sebagainya.

Tidak Membuat Kenyang

Perangkat pembuat rasa tersebut memang bisa menciptakan rasa yang persis. Namun, kekurangannya, para pengguna tidak akan merasa kenyang.

Pembuatan rasa yang sama itulah yang menjadi fokus pada pengembangan Chalmers. Menurutnya, dalam membuat rasa itu diperlukan juga bahan kimia. Namun, tiap rasa akan memerlukan kadar bahan kimia sesuai porsi dan sudah aman untuk dikonsumsi.

Menurut Chalmers, pengembangan perangkat penjiplak rasa itu perlu modal yang tidak sedikit. Bahkan, untuk memproduksi beberapa, ia pun harus memerlukan dukungan dari pihak lain.

“Perlu sedikit kerja keras untuk mulai dari pembuktian konsep, menjadi prototipe komersial, hingga menjadi produk, tapi jika kami mendapat uang, kami akan melakukannya,” ujar Chalmers

“Jika ada orang yang mempunyai uang di luar sana, saya akan dengan senang hati bekerja sama dengan mereka untuk mewujudkan hal ini,” lanjutnya.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments