Selamat Jalan, Milan Kundera

by | Jul 13, 2023

Internasional | Milan Kundera | Obituarium | Sastra

FOMOMEDIA – “Perjuangan manusia melawan kekuasaan adalah perjuangan ingatan melawan lupa”. Kutipan dari Milan Kundera itu akan selalu relevan sepanjang masa.

Penulis sohor asal Czechia, Milan Kundera, meninggal dunia pada Rabu (12/7/2023) dalam usia 94 tahun. Penulis novel The Unbearable Lightness of Being itu mengembuskan napas terakhirnya usai melawan sakit berkepanjangan.

Disampaikan oleh juru bicara Milan Kundera Library, Anna Mrazova, pria kelahiran Brno, Czechia, 1 April 1929, itu tutup usia di Paris, Prancis.

“Dengan berat hati saya mengonfirmasi bahwa Tuan Milan Kundera meninggal dunia kemarin [Selasa] setelah menderita sakit yang berkepanjangan,” kata Mrazova, dikutip dari France24.

Semasa hidupnya, Kundera dikenal berkat karya-karya novelnya yang provokatif dan memiliki nuansa kehidupan gelap manusia. Banyak karya yang ditulis Kundera dengan nada satire.

Gaya penulisan Kundera tak bisa dilepaskan dari pengalaman pribadinya. Ia tumbuh dan besar di Cekoslowakia. Dalam hal pendidikan, Kundera mengenyam pendidikan tinggi Praha.

Mengasingkan Diri ke Prancis

Menurut laporan The Guardian, Kundera meninggalkan tanah airnya dan pindah ke Prancis pada tahun 1975. Ia diusir dari negaranya lantaran perbedaan ideologi. Dalam perbedaan ideologi itu, Kundera tak disukai oleh pihak berwenang.

Kundera pun meninggalkan tanah kelahirannya yang telah dikuasai Partai Komunis Cekoslowakia. Di usia 49 tahun, Kundera memilih pindah ke Prancis.

Semenjak pindah ke Prancis, kewarganegaraan Kundera pun dicabut pemerintah Cekoslowakia pada 1979. Dua tahun kemudian, Kundera baru mendapatkan kewarganegaraan Prancis. Di negara yang terkenal dengan minuman anggur terbaik di dunia itu akhirnya Kundera menetap selama 40 tahun.

Bagi Kundera, kehidupannya di Prancis adalah pengasingan. Di sana, dia bertahan hidup dengan mengajar di Universitas Renner. 

Novel Milan Kundera

Di Prancis inilah berbagai karya fenomenal Kundera lahir. Salah satunya The Unbearable Lightness of Being yang terbit pada 1984. Tak hanya itu, setelah 16 tahun tinggal di Prancis, Kundera secara resmi meninggalkan bahasa ibunya.

Pada tahun 1995 Kundera menerbitkan novelnya dalam bahasa Prancis yang berjudul La Lenteur. Selain dua karya itu, Kundera juga terkenal dengan beberapa karya lain seperti The Joke, The Book of Laughter and Forgetting, Immortality, hingga Slowness.

Kualitas karya Kundera memang tak bisa diragukan lagi. Salman Rushdie, penulis berkebangsaan Inggris yang lahir di India, menyebut Kundera telah “meninggalkan jejak tak terhapuskan”.

“Seperti semua penulis hebat, Milan Kundera meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada imajinasi pembacanya,” kata Rushdie, dikutip dari The Guardian

“Perjuangan manusia melawan kekuasaan adalah perjuangan ingatan melawan lupa. Sejak saya membaca kalimat ini dalam bukunya The Book of Laughter and Forgetting, kalimat itu terus melekat pada saya, dan menerangi pemahaman saya tentang peristiwa di seluruh dunia,” lanjut Rushdie.

Kini, berbagai karya dari Kundera sudah menyebar ke penjuru dunia dan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Nama Milan Kundera pun akan abadi sepanjang masa. Selamat jalan!

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments