Selama Ada Penindasan, Diam Bukan Pilihan bagi Melissa Barrera

by | Nov 24, 2023

Film | Hiburan | Melissa Barrera | Palestina | Scream

FOMOMEDIA – Meski sudah dipecat dari Scream VII, Melissa Barrera tak gentar. Dia berjanji akan terus membela orang-orang tertindas.

Aktor Meksiko, Melissa Barrera, akhirnya angkat bicara menyusul pemecatannya dari produksi film Scream VII. Barrera menegaskan bahwa, selama masih ada orang yang membutuhkan dukungan, dia tidak akan tinggal diam.

Barrera, yang sudah membintangi Scream (2022) dan Scream VI (2023), dipastikan tidak akan tampil dalam sekuel terbaru franchise horor slasher tersebut. Kontrak perempuan 33 tahun itu diputus oleh Spyglass Media, rumah produksi Scream VII.

“Kami tidak akan menoleransi antisemitisme atau sikap yang berpotensi menimbulkan kebencian dalam wujud apa pun, termasuk referensi yang salah soal genosida, pembersihan etnis, penyelewengan makna Holocaust, atau segala sesuatu yang menjurus pada ujaran kebencian,” tulis Spyglass dalam pernyataan resminya.

Melissa Barrera (kiri) dan Jenna Ortega sebagai Sam dan Tara Carpenter dalam film Scream.

Sikap itu diambil Spyglass lantaran Barrera secara konsisten menyuarakan pembelaan untuk Palestina. Lewat media sosialnya, sosok kelahiran Monterrey, Meksiko itu berulang kali menyebut apa yang terjadi di Palestina sebagai genosida sekaligus mengkritik sikap media-media Barat yang berat sebelah.

“Media-media Barat selalu berpihak [pada Israel]. Kita tidak butuh kebencian, Islamophobia, atau antisemitisme,” tulis Barrera pada 22 Oktober 2023.

Diam Bukan Pilihan

Setelah kehilangan spot sebagai pemeran Sam Carpenter dalam franchise Scream, Barrera pun tidak kapok. Dia bahkan menyatakan kesiapan untuk terus membela orang-orang tertindas di mana pun itu.

“Pertama-tama, aku mengutuk segala bentuk antisemitisme dan Islamophobia. Aku mengutuk segala prasangka terhadap kelompok apa pun,” tulis Barrera di Instagram Story-nya.

“Sebagai perempuan Latin, sebagai perempuan Meksiko, aku merasa punya tanggung jawab karena memiliki platform yang memungkinkan suaraku didengar banyak orang. Maka dari itu, aku berusaha menggunakannya untuk bersuara tentang isu-isu yang menurutku penting dan untuk meminjamkan suaraku kepada orang-orang yang membutuhkannya.”

“Setiap manusia di muka bumi ini berhak atas hak asasi, martabat, dan kebebasan. Aku percaya bahwa sekelompok orang tidak serta merta mewakili semuanya dan tidak ada pemerintahan yang tidak boleh dikritik.”

“Siang malam aku berdoa supaya tidak ada lagi korban jatuh, tidak ada lagi kekerasan, dan supaya semua bisa hidup damai berdampingan. Aku akan terus membela mereka yang membutuhkan dan terus mengupayakan perdamaian demi hak asasi manusia dan kebebasan.”

“Diam, bagiku, bukan sebuah pilihan,” tutup Barrera.

Sementara itu, produksi Scream VII sendiri dalam bahaya. Pasalnya, usai memecat Barrera, Spyglass juga kehilangan Jenna Ortega. Muncul kabar bahwa Ortega meminta kontraknya diputus sebagai wujud solidaritas dengan Barrera. Akan tetapi, kabar resminya, Ortega tidak akan bergabung dengan produksi Scream VII karena “jadwal syuting yang bentrok dengan serial Wednesday“.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments