Sekarang Kamu Bisa Pisahkan Akun Threads dengan Instagram

by | Nov 14, 2023

Media Sosial | Meta | Teknologi | Threads

FOMOMEDIA – Berbagai fitur baru telah ditawarkan Threads. Kini, para pengguna tidak perlu menautkan akun Instagram untuk menggunakan Threads.

Threads akhirnya secara resmi bisa terpisah dengan akun Instagram. Langkah tersebut dianggap akan semakin memudahkan para pengguna dalam menjaga privasi mereka di dua platform berbeda.

Belum lama ini, Meta selaku perusahaan induk Threads dan Instagram telah meluncurkan fitur tersebut. Para pengguna yang sudah kadung menautkan akun Threads dengan Instagramnya, kini bisa dipisahkan.

“Kami meluncurkan cara bagi Anda untuk menghapus profil Threads Anda secara terpisah dari akun Instagram Anda. Untuk menghapus profil Threads Anda, kunjungi Pengaturan, Akun, Hapus atau Nonaktifkan Profil, lalu pilih hapus,” tulis keterangan bos Instagram Adam Mosseri.

Branding Terus-terusan

Sebelum fitur paling baru tersebut dikenalkan, Threads telah meluncurkan akses melalui web. Sejak pertama kali dirilis pada Juli 2023, media sosial tersebut secara resmi bisa diakses via web pada 22 Agustus 2023.

Dengan adanya akses via web itu, Threads ingin memudahkan para penggunanya berselancar melalui perangkat komputer. Bahkan, dari fitur itu juga bisa digunakan untuk memposting, berinteraksi dengan orang lain, dan melihat tampilan feed.

Selain itu, pada pekan terakhir Oktober 2023 lalu, Threads mengenalkan adanya fitur jajak pendapat dan mengirimkan graphics interchange format (GIF). Dua fitur tersebut pun digadang akan semakin memanjakan para penggunanya.

CEO Meta Mark Zuckerberg pun langsung memperkenalkan langsung fitur itu. Ia mencoba membuat postingan dengan melampirkan GIF tersebut.

Kini, platform yang dianggap bakal mirip seperti X (dulu Twitter) itu dapat memisahkan diri dari Instagram. Bahkan menghapusnya.

Awalnya, baik Threads maupun Instagram saling terikat. Para pengguna Instagram di seluruh dunia, per April 2023, telah mencapai 1,63 miliar. Dengan jumlah sebanyak itu, Zuckerberg berharap supaya mereka bisa berpindah ke platform Threads.

Pada minggu pertama sejak perilisan Threads memang dibanjiri para pengguna baru. Bahkan, rekor pendaftaran akun pun tercatat oleh aplikasi itu. Demam Threads sempat melanda masyarakat global.

Namun, tidak lama bertahan, berangsur-angsur pengguna Threads mulai pergi. Mulai dari dianggap tidak aman hingga tidak seseru Twitter jadi alasan para pengguna minggat.

Meski ditinggalkan, saat ini, kata Zuckerberg, Threads telah memiliki pengguna bulanan yang menyentuh 100 juta. Lantas, dengan adanya fitur pemisahan dengan Instagram itu semakin menarik?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments