Seekor Singa Sirkus Berkeliaran di Jalanan Italia, Isu Eksploitasi Hewan Mencuat

by | Nov 13, 2023

Hewan | Internasional | Sirkus

FOMOMEDIA – Singa sirkus kabur dan berkeliaran di perkotaan Italia. Akibatnya, muncul desakan untuk menghentikan eksploitasi hewan.

Singa memang terkenal jadi salah satu hewan sirkus. Biasanya, hewan tersebut selalu memberikan atraksi memukau kepada para penonton yang hadir. Namun, apa jadinya sang raja hutan tersebut melarikan diri dan berkeliaran di kota?

Hal tersebut terjadi di Ladispoli, Roma, Italia. Sebuah video yang beredar luas di dunia maya menunjukkan singa tersebut berkeliaran di jalanan pada Sabtu (11/11/2023) lalu.

Diketahui singa tersebut melarikan diri beberapa jam dari grup sirkus yang membawanya di kota tersebut. Beberapa warga sekitar pun mengabadikan momen tersebut. Namun, mereka tetap berhati-hati dan menjaga jarak.

Walikota Ladispoli Alessandro Grando sempat memperingatkan warga untuk tinggal di rumah. Selain itu, ia pun meminta petugas kepolisian dan staf sirkus untuk menangkap singa tersebut.

Tak butuh waktu lama bagi polisi dan staf sirkus untuk menangkap singa yang berkeliaran. Pada Sabtu malam itu juga, singa dibius dan berhasil ditangkap.

Hentikan Eksploitasi Hewan

Sirkus memang jadi pertunjukan yang mempertontonkan keterampilan berbagai binatang dan kemahiran pemain akrobat. Hiburan tersebut telah ada sejak dulu.

Menurut laporan National Geographic Indonesia, keberadaan sirkus sendiri sudah ada sejak masa Romawi Kuno. Saking populernya, acara tersebut masih bertahan hingga kini.

Meski demikian, seiring dengan perkembangan zaman, banyak hewan-hewan yang ikut ke sirkus terancam. Selain itu, hewan-hewan di sirkus, termasuk singa, menjadi rawan eksploitasi oleh manusia.

Grando kecewa dengan adanya kabar singa yang berkeliaran di kota itu. Menurutnya, seperti dikutip dari Sky News, sudah saatnya kejadian tersebut dijadikan pelajaran supaya eksploitasi hewan dihentikan.

“Saya berharap kejadian ini dapat menggugah hati nurani dan kita akhirnya dapat mengakhiri eksploitasi hewan di sirkus,” kata Grando, dikutip dari Sky News.

Selain itu, Grando mengatakan bahwa, di Ladispoli, pertunjukan sirkus sebetulnya dilarang. Namun, dia tak bisa mencegahnya.

Sementara, pihak penanggung jawab sirkus mengatakan bahwa sang singa yang lepas tidak akan menimbulkan bahaya apa pun. Rony Vassallo, selaku penanggung jawab grup Roller Circus, memastikan hal itu.

“Dia bertemu dengan orang-orang di lingkungan yang tidak biasa dia alami dan tidak terjadi apa-apa. Dia bahkan tidak punya naluri menyerang seseorang sedetik pun,” kata Vassallo, dikutip dari The Guardian.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] laporan BBC, adanya temuan ini memang mengejutkan. Sebuah foto yang diedarkan oleh para pencinta satwa ini telah membuka mata banyak orang. Sampah plastik tak hanya ada di lautan, tetapi telah menyatu dalam […]