Santa Claus Tangkap Bandar Narkoba di Peru 

by | Dec 30, 2023

Internasional | Kriminal | Peru | Santa Claus

FOMOMEDIA Polisi Peru tangkap bandar narkoba lewat operasi penyamaran di tanggal-tanggal tertentu. Dari Santa Claus sampai Avenger, dari Natal sampai Halloween.

Kamis Malam, 21 Desember 2023, Santa Claus mendatangi sebuah kediaman di kota Huaral, Peru. Namun, tak seperti di dongeng-dongeng, pria berjanggut putih itu tak masuk lewat cerobong asap. Alih-alih, ia masuk secara paksa dengan memecah kaca memakai palu godam.

Datang tiga hari lebih awal dari Malam Natal, misi Santa Claus rupanya bukan mengantar hadiah untuk anak baik. Melainkan, menangkap pengedar narkoba. Sebab, pria berkostum merah itu ternyata seorang agen kepolisian yang sedang menyamar.

Santa Claus tersebut merupakan agen dari divisi taktis intelijen kota yang dikenal sebagai Pasukan Hijau. Kepala Pasukan Hijau, Walter Palomino, menyebut lokasi penjualan narkoba sulit diakses oleh kepolisian. Itu sebabnya, seorang agen perlu melakukan pengintaian dengan menyamar.

“Strategi ini dilakukan oleh TERNA (polisi taktis intelijen kota) yang mumpuni. Kami memanfaatkan hari-hari sekitar Natal untuk membantu kami menyamar sebagai Santa Claus. Operasi ini tidak diketahui penduduk setempat. Itulah tempat penjualan narkoba yang sulit diakses,” ujar Palomino, dikutip VOA.

Penyamaran itu terbukti efektif. Santa Claus tidak memicu kecurigaan orang-orang di sekitar lokasi, dan akhirnya membuat membuat para pengedar cukup lengah.

Bersama sejumlah agen polisi, Santa Claus membekuk dua pengedar narkoba di lokasi tersebut. Satu orang berusia 25 tahun, satu lagi berusia 32 tahun. Mereka merupakan bagian dari geng yang beroperasi di utara Lima. 

Barang bukti berupa ganja dan kokain juga ditemukan di lokasi. Penangkapan tersebut terekam dalam video yang diunggah Kepolisian Nasional Peru.

“Strategi itu berhasil. Natal datang kepada Rusa Jahat,” kata Palomino.

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kali pertama Santa Claus membantu Kepolisian Peru menangkap pengedar Narkoba. Strategi semacam ini dilakukan berulang, dan beberapa kali berhasil membuahkan penangkapan.

Saat menjelang Natal 2020, anggota Pasukan Hijau menyamar sebagai Santa Claus dan peri Elf, dengan rompi peluru tersembunyi di balik kostum. Dengan penyamaran itu, mereka berhasil mendekati lokasi perdagangan narkoba di Villa El Salvador, Lima, Peru. Operasi Natal tersebut membuahkan empat penangkapan. Salah satunya,

Penyamaran serupa sebagai Santa Claus dan Peri Elf juga dilakukan empat tahun sebelumnya, pada Natal 2016.

Pernah Jadi Superhero

Anggota TERNA memang terkenal ahli dalam melakukan operasi penyamaran. Selama bertahun-tahun, Polisi Peru melakukan operasi penangkapan di tanggal-tanggal tertentu dengan menyamar sesuai momen.

Sebelum Natal ini, saat Halloween pada 31 Oktober, polisi menyamar sebagai karakter horor. Operasi itu berhasil membekuk dua orang yang diduga anggota klan Balboa, sebuah geng narkoba.

Salah satu pernyamaran paling terkenal adalah ‘Operasi Marvel” pada 2022 lalu. Para agen kepolisian menyamar sebagai Avenger, seperti Spider-Man, Captain America, maupun Thor. Dan seperti kebanyakan program instansi pemerintah yang mencaplok superhero, ada pula tokoh bukan Marvel di “Operasi Marvel” ini, yakni Batman.

Penyamaran sebagai superhero tersebut juga memanfaatkan momen Halloween. Keempat polisi berkostum tersebut memasuki lokasi perdagangan narkoba dengan berpura-pura menawarkan promo konser Halloween. 

Keempat superhero itu lantas merusak pintu baja dari dalam bangunan, sehingga sekira 10 polisi bantuan bisa masuk dan melakukan penyergapan. Tiga pria dan satu wanita tertangkap.

Saking ganjilnya peristiwa terjadi, para pengedar sempat mengira kalau itu hanya lelucon.

Penulis: Ageng

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
diet apps

Usually, I don’t read blog posts, but after reading this one, I felt compelled to give it a go. Your writing style truly amazed me. Thank you for a fantastic post.

Tree Mail

I have been surfing online more than 3 hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my opinion if all web owners and bloggers made good content as you did the web will be much more useful than ever before

Tree Mail

Fantastic site A lot of helpful info here Im sending it to some buddies ans additionally sharing in delicious And naturally thanks on your sweat