Sam Altman Digulingkan dari OpenAI, Microsoft Buka Pintu

by | Nov 21, 2023

Microsoft | OpenAI | Sam Altman | Teknologi

FOMOMEDIA – Meski digulingkan dari OpenAI, Sam Altman mendapat dukungan dari para pekerjanya. Kini, pintu untuknya dibuka lebar oleh Microsoft.

CEO OpenAI Sam Altman resmi dipecat dari perusahaannya pada Jumat (17/11). Anggota dewan direksi perusahaan pengembang ChatGPT tersebut menganggap Altman tidak lagi layak memimpin OpenAI.

“Tindakan Anda memperjelas bahwa Anda tidak mampu mengawasi OpenAI. Kami tidak dapat bekerja untuk atau dengan orang-orang yang tidak memiliki kompetensi, penilaian, dan kepedulian terhadap misi dan karyawan kami,” tulis surat empat dewan direktur OpenAI, dikutip dari The Guardian.

Akibat tindakan penggulingan tersebut, para karyawan OpenAI memberontak. Dalam surat terbuka, setidaknya hampir seluruh 700 karyawan OpenAI mengancam keluar jika Altman tidak kembali.

Ratusan karyawan tersebut memang loyal terhadap Altman. Mereka pun menyatakan bahwa tindakan dewan direksi OpenAI tersebut membuat para pekerja kehilangan kepercayaan pada perusahaan.

“Kami, yang bertanda tangan di bawah ini, dapat memilih untuk mengundurkan diri dari OpenAI dan bergabung dengan anak perusahaan Microsoft yang baru diumumkan dan dijalankan oleh Sam Altman dan Greg Brockman,” tulis surat terbuka para karyawan OpenAI.

Boleh Gabung Microsoft

Diketahui bahwa sebelum pemecatan tersebut, mantan presiden OpenAI Greg Brockman lebih dahulu bergabung dengan Microsoft. Kini, Altman pun dikabarkan akan berlabuh ke perusahaan raksasa teknologi itu.

Kabar perpindahan Altman ke Microsoft menyusul Brockman memang masih rumor. Bahkan, menurut laporan The Verge, Altman bisa saja kembali menjadi CEO OpenAI jika direksi perusahaan yang memecatnya untuk bersedia mundur.

Sementara itu, kepemilikan saham OpenAI saat ini telah dikuasai oleh Microsoft. Dengan adanya mayoritas para karyawan yang memihak pada Altman, ia akan dipertimbangkan lebih besar oleh Microsoft.

Altman pun memiliki dua opsi: memilih bergabung dengan Microsoft atau kembali ke OpenAI. Bahkan pilihan itu langsung ditawarkan oleh CEO Microsoft, Satya Nadella. Menurut Nadella, pihaknya terbuka bagi Altman untuk tetap di OpenAI atau bergabung dengan Microsoft. 

Namun, hingga kini perselisihan antara Altman dan jajaran dewan direksi perusahaan masih belum kelar. Ia, Brockman, dan Microsoft pun masih mencari jalan keluar atas permasalahan itu.

Altman memang berpengaruh di tubuh OpenAI. Apalagi, sejak pertama kali didirikan, OpenAI berdiri sebagai entitas nirlaba.

Berkat Altman, OpenAI mampu menjadi perusahaan komersial. Seiring dengan kecepatan perkembangan kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) ChatGPT, nama Altman juga makin diperhitungkan sebagai sosok penting dunia teknologi kiwari.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Altman dipecat dari perusahaannya pada Jumat (17/11/2023) lalu. Ia diberhentikan oleh dewan direksi perusahaan pengembang ChatGPT lantaran dianggap tidak layak memimpin OpenAI. […]