Salut untuk Ibu yang Tetap Puji Anaknya Meski si Anak Ranking 27

by | Jun 21, 2023

Anak | Parenting | Pendidikan

FOMOMEDIA – Alih-alih membandingkan dan mengomeli, seorang ibu yang memuji dan mengapresiasi proses belajar anak ranking 27 tentu jauh lebih penting.

Baru-baru ini di media sosial beredar video yang memperlihatkan seorang ibu yang memuji anaknya meski si anak mendapatkan peringkat 27 di sekolah. Sang ibu terlihat sangat ceria dan antusias mendengar kabar tersebut langsung dari anaknya.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @sosmedkeras, Selasa (20/6/2023), terlihat seorang ibu yang baru pulang kerja. Sang ibu langsung disambut oleh anaknya di rumah dengan membukakan pintu.

Si anak yang baru pulang sekolah itu terlihat masih mengenakan seragam. Ia pun buru-buru memamerkan rapor hasil belajarnya di sekolahan kepada ibunya.

Dengan kedatangan ibunya yang tiba di rumah, si anak terlihat sangat antusias menyerahkan rapor pada ibunya. Si anak dengan perasaan bahagia mengatakan bahwa dirinya mendapatkan peringkat 27. 

Sang ibu yang mendengar ucapan itu tidak tampak kecewa. Malahan, ia justru berlari ke dalam rumah dan tak sabar mengecek nilai putranya itu.

“Kita lihat dulu. Coba mana buka, coba lihat. Naik kelas enam. Coba hitung berapa yang B?” tanya sang ibu pada anaknya.

Si anak pun menghitung jumlah predikat nilai yang ia dapatkan itu. Menurut hitungan si anak, ia berhasil mendapatkan 17 nilai B dan 5 nilai C.

“Aku rangking 27 dari 41 orang,” kata si anak.

Mendengar jawaban dari si anak tersebut, sang ibu langsung berteriak histeris dan memeluk anaknya. Ia merasa bahagia dengan proses belajar anaknya. 

Dengan hasil tersebut, sang ibu tetap mengapresiasi anaknya. Bahkan, sang ibu pun terlihat membawakan hadiah.

Ibu yang memuji anaknya tersebut layak jadi teladan bagi kita semua. Caranya mengapresiasi dan menghargai proses belajar anak tentu bisa kita contoh.

Video yang sudah disaksikan jutaan orang tersebut mengundang atensi tersendiri dari warganet lainnya. Bahkan dari video tersebut memancing diskursus tersendiri ihwal parenting.

“Respek sama ortu yang supportive gini, pujian sekecil apa pun itu bakal membekas untuk anak,” tulis akun Twitter @fixieangell.

“Lebih baik ranking di sekolah dihapus aja. Menurut gua ranking gak terlalu berguna apalagi anak SD itu mentalnya belum bener-bener terbentuk, yang gue takutin kalo ada anak yang rankingnya terakhir mentalnya jadi down bisa karena: nilai kurang bagus, ortu marahin, dibully temen,” tulis akun @saixrc.

Parenting ibunya bagus banget, tetap apresiasi apa yang dilakukan anak selagi itu positif,” tulis akun @racundarisalsa.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments