Rumah Sakit Indonesia di Gaza Dibom Israel

by | Nov 10, 2023

Internasional | Israel | Palestina | Politik

FOMOMEDIARumah Sakit Indonesia di Gaza menjadi sasaran rudal Israel. Jeda serangan selama empat jam tidak akan membuat warga Palestina mengevakuasi diri.

Konflik Hamas dan Israel di Gaza semakin memanas. Terbaru, Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahiya, Jalur Gaza, menjadi sasaran bom Israel pada Kamis (9/11/2023) malam.

Menurut laporan Aljazeera, Rumah Sakit Indonesia diserang dengan 11 rudal secara beruntun. Dari serangan tersebut membuat rusak beberapa bagian fasilitas yang ada di rumah sakit.

Sementara itu, gara-gara serangan itu, dikabarkan terdapat sejumlah korban jiwa. Namun, sejauh ini belum diketahui secara pasti jumlah korban yang meninggal.

Dalam sebuah video yang beredar di platform X, terlihat rudal Israel menghantam rumah sakit secara terus-terusan. 

“Pengeboman besar-besaran Israel di sekitar rumah sakit Indonesia di Gaza,” tulis akun @WarMonitors.

Netanyahu Tolak Gencatan Senjata

Meski sudah satu bulan lebih, serangan udara yang dilakukan oleh Israel semakin membabi buta. Bahkan, menurut laporan The Guardian, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak kesepakatan gencatan senjata selama lima hari dengan Hamas.

Penolakan Netanyahu tersebut didasarkan kepada para warga Israel yang masih disandera oleh Hamas. Padahal, akhir Oktober 2023 lalu sempat terjadi negosiasi.

Baca juga:

Hingga saat ini, Israel belum ingin menghentikan serangan dan invasinya ke Gaza. Setidaknya masih ada 240 orang Israel yang disandera oleh Hamas.

Karena itulah Netanyahu tidak ingin melakukan gencatan senjata dengan pihak Hamas. Apalagi, ia ngotot ingin menghabisi seluruh pasukan militan Palestina itu.

Namun, menukil Aljazeera, Amerika Serikat yang menjadi sekutu Israel, menyebut bahwa Israel setuju untuk menghentikan pertempuran selama empat jam per hari. Langkah itu dilakukan untuk memungkinkan warga sipil Palestina melarikan diri dari Gaza utara.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby. Menurutnya, jeda kemanusiaan pertama akan diumumkan pada hari Kamis (9/11/2023), dan Israel telah berkomitmen untuk mengumumkan setiap jeda empat jam.

“Kami telah diberitahu oleh Israel bahwa tidak akan ada operasi militer di wilayah ini selama masa jeda, dan proses ini akan dimulai hari ini,” kata Kirby, dikutip dari Aljazeera.

Sementara itu, Presiden Joe Biden telah meminta Israel untuk melakukan jeda selama tiga hari. Namun, untuk melakukan gencatan senjata masih muskil dilakukan.

Kini, berbagai fasilitas kesehatan juga menjadi target serangan Israel di Gaza.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Rumah Sakit (RS) Indonesia kembali menjadi target serangan militer Israel, Minggu (19/11/2023) malam. […]