Ronaldo Dituntut 1 Miliar Dolar Gara-gara Promosikan NFT

by | Dec 1, 2023

Binance | Cristiano Ronaldo | Kriminal | Kripto

FOMOMEDIA – Gara-gara mempromosikan NFT, Ronaldo dituntut 1 miliar dolar. Gugatan tersebut berkaitan dengan kasus yang menimpa Binance.

Cristiano Ronaldo dikabarkan mendapat gugatan class action yang meminta ganti rugi setidaknya 1 miliar Amerika Serikat (AS). Bintang sepak bola itu digugat lantaran berperan dalam mempromosikan non-fungible token atau NFT yang diperdagangkan di Binance.

Menurut laporan The Guardian, gugatan tersebut diajukan di pengadilan federal di Distrik Selatan Florida pada hari Senin (27/11/2023). Ronaldo dituduh telah bersekongkol dengan Binance yang terbukti menipu dan melanggar hukum Negeri Paman Sam.

Kasus tersebut masih berkelindan dengan pengunduran diri Changpeng Zhao, pendiri Binance. Salah satu perusahaan yang memperdagangkan koin kripto tersebut mengaku bersalah atas keterlibatan dalam pencucian uang.

Departemen Kehakiman AS mendakwa Binance melakukan bisnis pengiriman uang tanpa izin. Selain itu, perusahaan tersebut juga dituduh melakukan konspirasi dan melanggar undang-undang kekuatan ekonomi AS.

Gara-gara hal itulah saat ini dunia kripto sedang menjadi sorotan banyak pihak. Termasuk para tokoh dan pesohor dunia yang terlibat mempromosikan.

Dianggap Menyesatkan

Ronaldo digugat lantaran dianggap membawa para investor untuk terjun ke dalam investasi yang mahal dan tidak aman. Apalagi, pelantar Binance sendiri sudah terbukti bersalah.

Bukti sekarang mengungkapkan bahwa penipuan Binance hanya mampu mencapai tingkat seperti itu melalui penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar, dengan bantuan dari beberapa organisasi dan selebritas terkaya, berkuasa, dan diakui di seluruh dunia – seperti terdakwa Ronaldo,” tulis isi gugatan yang dilayangkan, dikutip dari The Guardian.

Terkait gugatan tersebut, Ronaldo hingga artikel ini ditulis belum memberikan keterangan resmi. Bahkan, Binance yang menjadi bursa mata uang kripto terbesar di dunia juga tidak menanggapi adanya gugatan terhadap penyerang klub Arab Saudi, Al-Nassr, itu.

Koleksi NFT “CR7”

Salah satu yang ditawarkan oleh Ronaldo di pelantar digital itu adalah koleksi NFT bertajuk “CR7”. Jenis NFT tersebut telah dirilis sejak November 2022 lalu.

Para kolektor bisa memiliki NFT “CR7” itu dengan bandrol harga awal mulai dari 77 dolar hingga 10 ribu dolar AS. Dengan menampilkan gambar momen Ronaldo semasa hidupnya, NFT “CR7” laris manis. Bahkan, dalam penjualan minggu pertama, koleksi premium itu langsung ludes.

Demam NFT sendiri memang sempat terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, karya digital tersebut dianggap memiliki nilai yang “unik” dengan harga fantastis.

Sementara itu, meredupnya eksistensi dunia NFT juga berbarengan dengan anjloknya minat masyarakat terhadap kripto. Apalagi, mata uang digital tersebut sempat menjadi tempat beberapa skandal pencucian uang.

Selain FTX yang sudah hancur, kini ada Binance yang telah bersiap menghadapi krisis itu. Meski sedang dilanda krisis dan gugatan, bukannya menanggapi, Ronaldo melalui akun X miliknya justru dengan santai masih mempromosikan Binance.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

يتجلى تفاني المصنع في الجودة في الأداء المتفوق لأنابيب HDPE ، والمعروفة بقوتها ومتانتها الاستثنائية.