Resmi: Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP

by | Aug 25, 2023

Budiman Sudjatmiko | PDIP | Pemilu | Pemilu 2024 | Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIA – Karena mendukung Prabowo Subianto, Budiman Sudjatmiko dipecat dari keanggotaan sebagai kader PDIP. Kini, nasibnya menjadi seorang pengembara politik.

Politikus Budiman Sudjatmiko secara resmi akhirnya dipecat oleh PDI Perjuangan (PDIP). Pemecatan tersebut merupakan buntut dari dukungannya kepada Prabowo Subianto pekan lalu.

Adanya surat pemecatan tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (24/8/2023) kemarin.

“Memutuskan, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” bunyi surat keputusan DPP PDIP, dikutip dari Jawa Pos.

Dengan adanya surat tersebut, pria kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, itu tidak genap dua dekade menjadi kader partai berlogo kepala banteng. Budiman per hari ini harus angkat kaki dari PDIP.

Adapun mantan aktivis 98 itu pada Jumat (18/8/2023) lalu secara terang-terangan mendukung Prabowo di Marina Convention Centre, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di tempat itu, Budiman bahkan mendeklarasikan “Prabu” alias Prabowo Budiman Bersatu.

Aksi tersebut dianggap sebagai manuver politik yang dilakukan Budiman melawan PDIP. Respons pemecatan pun langsung berembus beberapa hari setelah deklarasi itu.

Kini, nasib Budiman telah ditentukan. Ia pun secara resmi tidak tergabung dan tidak terafiliasi dengan PDIP lagi. 

Budiman Legawa

Adanya surat pemecatan itu pun disambut dengan legawa oleh Budiman. Namun, ia tidak banyak berkomentar setelah dirinya menerima surat tersebut.

“Tak ada komentar. Saya cuma mau bilang bahwa saya sudah menerima suratnya dan terima kasih untuk semuanya,” ujar Budiman.

“Ini adalah pengakhiran dari satu episode dalam hidup saya dan memulai episode berikutnya. Bagian dari perjalanan saya sebagai manusia politik sejak saya remaja. Mengalir bersama sejarah,” lanjutnya.

Budiman mengaku tidak masalah dipecat dari PDIP usai mendukung Prabowo. Ia saat ini pun ingin memulai babak baru dalam karier politiknya.

Lalu, dengan statusnya tidak terikat partai mana pun, akankah ada partai yang menampung Budiman? Akankah Gerindra merekrut mantan aktivis Partai Rakyat Demokratik itu? Kita lihat saja nanti. Budiman masih dalam pengembaraan.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments