Resmi: Argentina Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

by | Apr 18, 2023

Olahraga | Piala Dunia U-20 | Sepak Bola

FOMOMEDIA – FIFA secara resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, yang sebelumnya akan dihelat di Indonesia.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. “FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina, sebagai rumah juara dunia akan membuka pintu untuk para bintang sepak bola dunia masa depan,” kata Infantino seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

Keputusan yang diambil Infantino itu adalah hasil lobi Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan pemerintahnya untuk meyakinkan FIFA bahwa negara mereka layak jadi tuan rumah walau tenggat waktu perhelatan hanya kurang dari dua bulan.

Claudio Tapia, Presiden AFA, mengucapkan terima kepada para gubernur yang kompak dan gesit menyediakan keperluan piala dunia, dari stadion hingga industri perhotelan.

“Saya ingin berterima kasih kepada masing-masing gubernur karena telah menyediakan segalanya sehingga ini bisa dilaksanakan. Tidak hanya stadion, tapi juga industri perhotelan. Ini sangat penting. Semua pemimpin sepak bola Argentina telah menunjukkan seberapa baik mereka dalam bekerja. Mereka membuat semua pusat olahraga tersedia untuk tim,” ujar Tapia.

Penunjukan Argentina sebagai tuan rumah secara otomatis membuat Timnas Argentina U-20 lolos langsung ke turnamen besar tersebut. Jelas itu kabar yang menyenangkan bagi skuad Albiceleste.

Sebab, Timnas Argentina U-20 sebenarnya tidak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Dengan status tuan rumah, mereka pun berhak berlaga di turnamen bergengsi tersebut. Secara otomatis pula, Timnas Indonesia U-20 tidak bisa berlaga di ajang yang diselenggarakan dua tahun sekali itu. 

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sendiri terjadi karena ada penolakan dari sejumlah elemen masyarakat dan pejabat publik atas kehadiran Timnas Israel di Indonesia. Menurut mereka, Indonesia harus menolak apa pun yang terkait dengan Israel. Sebab, Indonesia memang tidak mengakui keberadaan negara Zionis tersebut.

Kontroversi itu direspons oleh pihak FIFA dengan mencabut status tuan rumah Indonesia. Akhirnya, Argentina-lah yang mendapat durian runtuh.

Penulis: Safar

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments