Remaja 13 Tahun Jadi Orang Pertama yang Tamatkan Game “Tetris”

by | Jan 4, 2024

Hiburan | Rekor Dunia | Tetris | Video Game

FOMOMEDIA – Tahukah kamu kalau ternyata game Tetris bisa ditamatkan? Seorang remaja AS berusia 13 tahun baru-baru ini sukses melakukannya.

Seorang remaja berusia 13 tahun asal Oklahoma, Amerika Serikat, berhasil menjadi pemain manusia pertama yang menamatkan video game Tetris. Video game klasik Nintendo itu untuk pertama kalinya dikalahkan setelah rilis 34 tahun lalu.

Ia adalah Willis Gibson. Anak muda itu menjadi perbincangan hangat di jagat maya usai video di saluran YouTube miliknya memperlihatkan prestasi itu. Game Tetris pun tidak mengeluarkan balok-balok dan berhenti seketika.

Menariknya, Gibson hanya memerlukan waktu 38 menit untuk menyelesaikan permainan itu. Dengan waktu itu, ia berhasil mencapai level 157. Padahal, para pemain sebelumnya hanya percaya bahwa gim itu hanya mentok di level 29 saja.

“Saya akan pingsan, saya tidak dapat merasakan jari-jari saya,” kata Gibson, dikutip dari BBC.

Ketika mencapai level 157 dengan 38 menit itu, tiba-tiba layar Gibson bergeming dan blok tidak lagi turun. Namun, ternyata itu adalah akhir dari permainan. Ia pun terkejut.

Tetris sendiri memang masih menjadi salah satu game terpopuler hingga dewasa ini. Dibuat sejak 1984 oleh insinyur asal Uni Soviet Alexei Pajitnov, Tetris langsung meledak usai diakuisisi oleh Nintendo.

Saat ini, Tetris bisa dimainkan di berbagai konsol dan pelantar, mulai dari ponsel hingga perangkat komputer.

Bermain Sejak Usia 11 Tahun

Willis Gibson di YouTube terkenal dengan nama Blue Scuti. Ia diketahui jadi salah satu orang yang gandrung terhadap video game.

Scuti sendiri bermain Tetris bukan waktu itu saja. Diketahui ia sudah memainkan permainan menata balok itu sejak usia 11 tahun. 

Bahkan, sosok Scuti ini merupakan seorang atlet. Ia telah beberapa kali mengikuti kompetisi bermain Tetris.

Pada Desember 2023 lalu, seperti dikutip dari NME, Scuti pernah menjadi juara dunia Tetris Klasik. Ia berpacu dengan peserta lainnya untuk berhasil mencapai rekor paling tinggi.

Saat saya mulai memainkan game ini, saya tidak pernah menyangka akan membuat game ini crash, atau mengalahkannya,” tulis Scuti di saluran YouTube-nya.

Awalnya, Scuti sempat ragu apakah dia akan berhasil atau tidak. Bahkan, dirinya merasa sempat melakukan kesalahan pada salah satu tahap permainan. Namun, kesalahan itu berhasil ia tutupi dan berhasil menamatkan Tetris.

Saat ini, selain berhasil menamatkan Tetris, ternyata Scuti juga mencatatkan dirinya sebagai pemegang rekor baru. Kini, para gamer lainnya pun akan mencoba memecahkan rekor Scuti dengan mendokumentasikan layaknya apa yang dilakukan remaja 13 tahun itu.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Tree Email

I loved even more than you will get done right here. The picture is nice, and your writing is stylish, but you seem to be rushing through it, and I think you should give it again soon. I’ll probably do that again and again if you protect this walk.