Rekor, Pria Amerika Serikat Kembalikan Buku Nyaris 100 Tahun setelah Dipinjam

by | May 25, 2023

Amerika Serikat | Berita Unik | Buku

FOMOMEDIA – Pernahkah kamu meminjam buku di perpustakaan dan berniat tidak mengembalikannya? 

Baru-baru ini Perpustakaan Umum St. Helena di California, Amerika Serikat, digegerkan dengan sebuah buku yang kembali setelah nyaris 100 tahun dipinjam. Buku yang dipinjam hampir satu abad itu berjudul A History of the United States.

Menurut sejarawan Amerika, Benson Lossing, dikutip dari Sky News, buku tersebut diperkirakan telah terbit pada tahun 1881. Sementara itu, keterangan catatan peminjaman perpustakaan yang tersemat di dalam buku, tertulis tanggal 21 Februari 1927.

Pada tanggal itulah seharusnya buku dikembalikan. Namun, buku tersebut sampai tahun 2023 baru kembali ke Perpustakaan Umum St. Helena. 

Sosok pria yang mengembalikan buku tersebut ke perpustakaan tak diketahui identitasnya. Pada saat pria tersebut mengembalikan ke perpustakaan, buku tersebut langsung membuat para pustakawan bingung.

Berita pengembalian buku setelah 96 tahun. (Foto: Perpustakaan Umum St. Helena)

Buku tersebut baru dikembalikan beberapa hari yang lalu. Dengan demikian, keterlambatan pengembalian buku tersebut adalah 96 tahun.

Untungnya, meski mengalami keterlambatan 96 tahun, pria yang mengembalikan buku tersebut tidak kena denda. Hal tersebut lantaran adanya kebijakan bebas denda sejak 2019.

Jika Perpustakaan Umum St. Helena menerapkan denda, pria tersebut harus membayar sebesar 1.756 dolar AS atau setara Rp26.257.468. Jika dibelikan buku baru, uang sebanyak itu tentu sudah dapat buku banyak.

Sementara itu, di dalam catatan peminjaman yang ada di dalam buku, terdapat beberapa peraturan. Mulai dari durasi peminjaman selama dua pekan, tidak boleh ada kerusakan pada buku, dan buku yang hilang harus diganti atau dibayar.

Para pustakawan Perpustakaan Umum St. Helena berharap bisa menemukan pria yang mengembalikan buku itu. Pasalnya, motif penemuan buku tersebut belum diketahui secara pasti.

Buku A History of the United States dipajang di kabinet. (Foto: Perpustakaan Umum St. Helena)

Keadaan buku bisa dilihat dalam unggahan Instagram perpustakaan tersebut, @sthelenapubliclibrary. Terlihat foto buku sudah compang-camping dan sampulnya terlihat sangat coklat yang menandakan buku itu sangat tua. 

Saat ini buku A History of the United States baru dipajang di dalam kotak kaca untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Menurut direktur perpustakaan, Chris Kreiden, pihaknya masih bingung terkait cara pemajangan buku. Oleh sebab itu, sementara hanya bisa ditaruh di dalam kotak kaca. “Akan keren untuk memajangnya suatu hari nanti, tetapi kami belum menemukan cara untuk melakukannya,” kata Kreiden.

Para pustakawan yang bekerja di Perpustakaan Umum St. Helena percaya bahwa buku tersebut jadi salah satu dari 540 eksemplar yang asli. Salah satunya tersedia ketika gedung perpustakaan diresmikan pada tahun 1892 itu.

Kini, buku tersebut telah kembali. Buku yang dipinjam selama hampir satu abad itu membuktikan bahwa para peminjam buku tetap menjaga buku pinjamannya.

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments