Putin Perintahkan Serdadu Wagner Group untuk Sumpah Setia ke Rusia

by | Aug 28, 2023

Internasional | Politik | Rusia | Vladimir Putin | Wagner Group | Yevgeny Prigozhin

FOMOMEDIA – Sejak kematian Prigozhin, para serdadu Wagner Group kehilangan pijakan. Kini, mereka pun sedang ditarik untuk setia pada Rusia.

Presiden Vladimir Putin akhirnya memerintahkan para serdadu bayaran Wagner Group untuk tunduk dan patuh pada negara. Dengan perintah itu, Putin secara langsung ingin mengendalikan kelompok yang sempat memberontak kepadanya.

Perintah Putin itu disampaikan tak lama usai Yevgeny Prigozhin, pemimpin Wagner Group, tewas dalam kecelakaan pesawat, Rabu (23/8/2023) lalu. Menurut laporan Reuters, Presiden Rusia yang berkuasa sejak pertama kali pada 1999 tersebut menandatangani dekrit yang pemberlakukan status perubahan anggota Wagner pada Jumat (25/8). 

Dugaan campur tangan Putin dalam kecelakaan pesawat itu pun langsung dibantah oleh pemerintah Rusia. Pada momen penandatanganan dekrit presiden itu, Kremlin menyebut tuduhan Barat bahwa Prigozhin dibunuh atas perintah Putin sebagai “kebohongan mutlak”.

“Sekarang ada banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat ini dan kematian tragis penumpang pesawat, termasuk Yevgeny Prigozhin. Tentu saja, di Barat, semua spekulasi ini disajikan dari sudut pandang yang sudah diketahui,” kata Peskov, juru bicara Kremlin, dikutip dari Reuters.

“Semua itu mutlak bohong, dan di sini dalam meliput persoalan ini perlu mendasarkan diri pada fakta. Fakta-faktanya belum banyak. Perlu dibuktikan dalam proses penyidikan,” lanjutnya.

Penyelidikan Masih Berlangsung

Kecelakaan pesawat yang menewaskan Prigozhin sendiri sampai saat ini masih dalam penyelidikan. Apalagi, pesawat tersebut diketahui tiba-tiba jatuh dari langit.

Dalam kecelakaan tersebut setidaknya seridaknya 10 penumpang tewas. Namun, identitas jenazah yang ditemukan belum dikonfirmasi lebih lanjut.

“Jika Anda mendengarkan dengan cermat pernyataan presiden Rusia, dia mengatakan bahwa semua tes yang diperlukan, termasuk tes genetik, sekarang akan dilakukan. Hasil resmi, segera setelah mereka siap untuk diterbitkan, akan diterbitkan,” ujar Peskov

Menurut Peskov, masih belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil tes dan investigasi tersebut. Bahkan, pemakaman para korban itu pun belum tahu akan dilaksanakan kapan.

Prajurit Wagner Disumpah

Wagner Group merupakan perusahaan kontraktor militer swasta yang didirikan oleh Prigozhin pada 2014. Saat pertama kali berdiri, awalnya Wagner hanya memiliki sekitar 250 personel. Namun, serdadu Wagner dewasa ini telah mencapai lebih dari 50.000 personel.

Dengan jumlah pasukannya yang banyak, pengaruh Wagner dalam operasi militer terbilang cukup luas. Dari awal pendirian hingga sekarang, militer swasta itu telah memperluas jangkauan kekuasaan Rusia. Jangkauan Wagner mulai dari operasi militer di Ukraina, Suriah, Republik Afrika Tengah, Sudan, dan Mali.

Kini, puluhan ribu serdadu bayaran itu telah kehilangan pemimpin sekaligus pendiri. Tak hanya itu, kecelakaan pesawat tersebut juga menewaskan Dmitry Utkin, komandan senior Wagner.

Masih menyitat Reuters, para tentara Wagner saat ini harus bersumpah wajib kepada Rusia. Kelompok bayaran itu pun akan berada di bawah aturan dan kendali negara yang lebih ketat.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments