Puing Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan, Semua Penumpang Dipastikan Tewas

by | Jun 23, 2023

Internasional | Kapal Selam | Titanic

FOMOMEDIA – Diperkirakan, kapal selam wisata Titanic bernama Titan itu mengalami “ledakan dahsyat” saat menyelam di Samudra Atlantik.

Puing-puing kapal selam wisata Titanic telah ditemukan oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS). Dengan adanya penemuan puing-puing tersebut, para tim pencari menyimpulkan bahwa semua penumpang telah tewas.

Penjaga pantai mengumumkan penemuan puing-puing tersebut pada hari Kamis (22/6/2023) kemarin. Diperkirakan, kapal selam bernama Titan tersebut mengalami “ledakan dahsyat” pada saat menyelam di perairan Samudra Atlantik, Minggu (18/6/2023).

Penemuan puing-puing besar yang berisi beberapa bagian kapal terlihat oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh. Kendaraan tersebut menjelajahi dasar laut dekat lokasi bangkai kapal Titanic. Puing-puing yang ditemukan itu berada di 1.600 kaki atau 488 meter dari haluan Titanic.

“Puing-puing itu konsisten dengan hilangnya ruang tekanan yang berujung bencana,” kata Penjaga Pantai AS Laksamana Muda John Mauger, dikutip dari The Guardian.

“Kami segera memberi tahu keluarga atas nama Penjaga Pantai AS dan seluruh komando terpadu. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga. Saya hanya bisa membayangkan seperti apa rasanya bagi mereka,” lanjut Mauger.

Menurut Mauger, dengan adanya pengumuman tersebut telah menandai akhir yang memilukan dari pencarian baik via udara maupun laut. 

Proses Pencarian Kapal

Kapal selam milik OceanGate Expeditions sebelumnya dinyatakan hilang usai melakukan penyelaman selama 45 menit. Kapal tersebut tak bisa dilacak keberadaannya, hingga pencarian secara besar-besaran pun dilakukan.

Mulai dari otoritas AS dan Kanada turun tangan melakukan pencarian kapal selam tersebut. Bahkan, perusahaan komersial pun turut serta dalam pencarian yang memakan waktu berhari-hari itu.

Dalam upaya pencarian kapal selam Titan, pada hari Rabu (21/6) tim Penjaga Pantai AS melaporkan bahwa pesawat pencari dari Kanada telah merekam suara bawah laut menggunakan pelampung sonar.

Penjaga Pantai AS pun langsung menyebarkan kendaraan tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh di sekitar suara-suara bawah laut itu. Namun, pencarian yang dilakukan di hari Rabu itu belum menemukan hasil.

Para tim pencari pun berpacu dengan waktu. Pasalnya, jika para penumpang masih hidup di dalam kapal, mereka hanya memiliki waktu selama tiga hari saja. Cadangan oksigen yang ada di dalam Titan hanya mampu sampai 70 hingga 96 jam.

Hingga akhirnya, beberapa puing-puing dari kapal selam tersebut ditemukan pada hari Kamis. Penjaga Pantai AS pun langsung mengadakan konferensi pers, bahwa semua korban yang ada di dalam kapal tidak ada yang selamat.

Salah satu penumpang yang ada di dalam kapal tersebut di antaranya adalah CEO OceanGate, Stockton Rush. Ia mengikuti perjalanan tersebut sebagai pengemudi Titan. 

Sementara, keempat penumpang lainnya adalah Hamish Harding (58) seorang miliarder dan penjelajah asal Inggris, Shahzada Dawood (48) seorang pengusaha Pakistan, Suleman (19) putra dari Dawood, dan Paul-Hendri Nargolet (77) yang merupakan ahli kelautan sekaligus ahli Titanic dari Prancis.

“Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia,” kata keterangan OceanGate, dikutip dari detik.com.

“Hati kami bersama lima jiwa ini dan setiap anggota keluarga mereka selama masa tragis ini.” pungkas OceanGate.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] ukuran tersebut, Icon of the Seas memiliki tampilan yang megah. Di dalam kapal terdapat 20 dek dengan berbagai fasilitas. Mulai dari tujuh kolam renang, tanaman, wahana bermain air, dan lain […]