PTUN Tolak Permohonan Denny Indrayana, Anwar Usman Bakal Kembali?

by | Feb 16, 2024

Anwar Usman | Hukum | Mahkamah Konstitusi | Politik

FOMOMEDIATak ingin Anwar Usman kembali jadi Ketua MK, Denny Indrayana layangkan permohonan intervensi ke PTUN. Namun, permohonan itu ditolak.

Kasus sidang gugatan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman belum kelar. Kali ini, Denny Indrayana dan Pergerakan Advokat Nusantara (Perekat Nusantara) serta Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) yang mencoba melakukan permohonan intervensi terhadap kasus tersebut. Namun, permohonan itu ditolak oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Adanya penolakan permohonan tersebut tertuang dalam perkara nomor 604/G/2023/PTUN.JKT tertanggal 31 Januari 2024.

“Menolak permohonan dari pemohon intervensi I atas nama Prof. Denny Indrayana, S.H., LL.M., Ph.D dan pemohon Intervensi II atas nama Pergerakan Advokat Nusantara (Perekat Nusantara) serta Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI),” tulis putusan di SIPP PTUN Jakarta, dikutip dari Kompas.

Hakim menilai bahwa penolakan tersebut tidak perlu ada pihak lain dalam perkara yang menjerat ipar Presiden Joko Widodo itu. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator TPDI dan Perekat Nusantara, Petrus Selestinus. “Jadi, soal intervensi ditolak itu bukan karena keberatan dari Anwar Usman, tetapi karena pertimbangan hakim semata-mata,” katanya.

Petrus menilai, bahwa Perekat Nusantara dan TPDI seharusnya dilibatkan. Apalagi, ia menyebut dalam kasus tersebut, dua lembaga itu telah turut mengawal sejak awal adanya pelanggaran etik hakim konstitusi.

Anwar Ingin Kembali

Anwar Usman saat ini sudah tidak menjabat sebagai Ketua MK per 7 November 2023. Ia terbukti terlibat pelanggaran etik hakim konstitusi dan harus dicopot dari jabatannya. Paman Gibran Rakabuming Raka ini digantikan oleh Hakim Suhartoyo.

Dalam kasus itu, Anwar masih tak terima. Ia meminta PTUN untuk menyatakan batal atau tidak sah putusan MK Nomor 17 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Ketua MK masa Jabatan 2023-2028.

BACA JUGA:

Anwar diketahui saat ini sedang menggugat Ketua MK Suhartoyo ke PTUN, Jumat (24/11/2024). Gugatan itu dilayangkan lantaran tidak terima dirinya dicopot dari jabatan Ketua MK.

Sebelum mengajukan gugatan ke PTUN, Anwar juga sempat mengajukan keberatannya terkait pengangkatan Suhartoyo sebagai Ketua MK.

MK Membantah Anwar Telah Kembali

Sejak gugatannya dilayangkan ke PTUN pada November 2023 lalu, Anwar sampai saat ini masih tidak terima. Ia ingin kembali ke jabatannya.

Sementara itu, MK sendiri saat ini membantah adanya kabar bahwa gugatan yang dilayangkan Anwar tersebut dikabulkan. Bantahan ini disampaikan Juru Bicara MK Fajar Laksono. Menurutnya, informasi mengenai gugatan Anwar yang dikabulkan tersebut tidak benar.

“Tidak benar. Itu informasi data umum di SIPP PTUN Jakarta tentang Gugatan 604 dengan petitum yang diminta Penggugat,” kata Fajar, dikutip dari Kompas.

Kabar mengenai kembalinya Anwar ini memang menjadi perhatian tersendiri. Editorial Koran Tempo bahkan menyebut adanya gelagat Anwar yang ingin kembali justru dianggap “tak punya rasa malu lagi”. 

Padahal, sebelumnya telah diketok putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi yang secara jelas menyatakan Anwar bersalah lantaran melakukan pelanggaran berat kode etik dan perilaku hakim.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Jagat

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
6 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
dating tips for ladies

Your posts always provide me with a new perspective and encourage me to look at things differently Thank you for broadening my horizons

Your posts always provide me with a new perspective and encourage me to look at things differently Thank you for broadening my horizons

alpilean

Your posts always provide me with a new perspective and encourage me to look at things differently Thank you for broadening my horizons