Produksi ‘Spider-Man: Beyond The Spider-Verse’ Ditunda Buntut Pemogokan Hollywood

by | Aug 1, 2023

Film | Hollywood | Internasional | Spider-Man: Beyond The Spider-Verse

FOMOMEDIA – Dampak paling terasa dari pemogokan buruh di Hollywood adalah tertundanya produksi film dan film seri, termasuk Spider-Man: Beyond the Spider-Verse.

Dampak pemogokan serikat aktor dan penulis Hollywood semakin meluas. Selain aktor Brad Pitt dan ajang penghargaan Emmy Awards 2023 yang ditunda, kini proses produksi film Spider-Man: Beyond The Spider-Verse bakal dihentikan untuk sementara.

Film garapan trio sutradara Joaquim Dos Santos, Justin K. Thompson, dan Kemp Powers itu direncanakan bakal rilis pada Maret 2024. Namun, karena aksi pemogokan buruh Hollywood yang semakin masif, film yang dibintangi Hailee Steinfeld itu dihentikan.

Pemogokan serikat aktor yang tergabung dalam Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (Sag-Aftra) dan para anggota Writers Guild of America (WGA) terjadi sejak pertengahan Juli lalu.

Para pekerja Hollywood tersebut memprotes terkait masalah upah layak dan penggunaan kecerdasan buatan yang lebih bertanggung jawab. Bentuk protes yang dilayangkan kepada pihak eksekutif studio yang tergabung dalam Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) itu masih berlangsung hingga sekarang.

Menurut laporan NME yang menukil Variety, pengisi suara Spider-Man: Beyond The Spider-Verse tidak dapat menyelesaikan rekaman dialog lantaran adanya pemogokan. Kini, film yang diproduksi oleh Sony Pictures itu akan diumumkan tanggal rilisnya pada beberapa pekan mendatang.

“Penundaan terjadi karena pemogokan serikat ganda mengganggu bisnis Hollywood dan konflik Sag-Aftra membuat sangat sulit untuk membuka film musim gugur tanpa partisipasi aktor bintang,” tulis laporan Variety.

Film-film yang Ditunda

Selain Spider-Man: Beyond The Spider-Verse, terdapat beberapa film yang mengalami penundaan penayangan pertama kali. Seperti film bertajuk Kraven The Hunter

Film yang dibintangi Aaron Taylor-Johnson tersebut awalnya dijadwalkan rilis pada Oktober 2023. Namun, pemogokan serikat aktor dan penulis Hollywood telah menyebabkan Kraven The Hunter diundur sampai Agustus 2024.

Selain film di atas, ada juga Ghostbusters: Afterlife yang peluncurannya ditunda dari Desember 2023 hingga akhir Maret 2024. Film-film tersebut adalah beberapa yang terdampak langsung dari aksi mogok bersama Sag-Aftra dan WAG.

Sementara itu, beberapa film yang sudah dipastikan bakal rilis yakni Venom 3 dan Bad Boys 4. Venom 3 yang dibintangi oleh Tom Hardy dan Juno Temple itu akan rilis pada Juli 2024 mendatang. Sedangkan, Bad Boys 4 akan rilis pada sebulan sebelum Venom 3.

Dampak pemogokan Sag-Aftra dan WAG dalam menentang AMPTP memang begitu terasa. Lalu, akan sampai kapan gelombang protes tersebut berakhir?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments