Pria Lumpuh di Belanda Bisa Berjalan Lagi berkat Piranti Ciptaan Ilmuwan Swiss

by | May 25, 2023

Kesehatan | Swiss | Teknologi

FOMOMEDIA – Seorang laki-laki Belanda bernama Gert-Jan Oskam, yang lumpuh sejak 2011, kini bisa berjalan lagi berkat piranti yang diciptakan sekelompok ilmuwan Swiss.

“Beberapa bulan lalu, untuk pertama kalinya dalam 10 tahun lebih, aku bisa berdiri lagi dan menikmati bir bersama kawan-kawanku. Keren banget, sumpah. Aku bakal gunakan alat ini setiap hari,” kata Oskam, dikutip dari The Guardian.

Oskam yang kini berusia 40 tahun divonis tak bisa berjalan lagi setelah mengalami kecelakaan sepeda di China yang membuat lehernya patah. Namun, berkat perangkat mutakhir tersebut, Oskam sudah bisa berjalan lebih dari 100 meter dan menaiki tangga.

Perangkat yang membantu Oskam berdiri, berjalan, dan beraktivitas itu diberi nama “jembatan digital” oleh para penciptanya. Cara kerjanya adalah dengan mengubungkan otak dengan otot-otot yang tak bisa lagi bekerja setelah saraf tulang belakang mengalami kerusakan.

Di dalam otak Oskam, terdapat sejumlah elektroda yang ditanam oleh Prof. Jocelyne Bloch, ahli bedah saraf dari Rumah Sakit Universitas Lausanne, Swiss. Elektroda itu berfungsi mendeteksi aktivitas neural yang muncul ketika Oskam berusaha menggerakkan kakinya.

Dari situ, sinyal diproses oleh sebuah algoritma menjadi denyut yang dikirimkan lagi oleh elektroda di tulang belakang Oskam. Denyut itu mengaktifkan saraf yang ada di tulang belakang sehingga pergerakan pun bisa terjadi.

“Yang kami lakukan di sini adalah menghubungkan kembali otak dengan bagian dari tulang belakang yang mengontrol pergerakan kaki melalui jembatan digital,” ujar Prof Gregoire Courtine dari Institut Teknologi Federal Swiss, juga dikutip dari The Guardian.

Gerakan kaki Oskam sendiri, sampai sekarang, belum benar-benar semulus sebelumnya. Namun, menurut Oskam, gerakan yang dia lakukan sudah lebih natural dibanding ketika dia menjalani eksperimen sebelumnya.

Dalam eksperimen sebelumnya, Oskam menjalani tes di mana ada sinyal yang dikirimkan dari sebuah komputer ke tulang belakangnya. Eksperimen ini bisa membuat Oskam bergerak kembali, tetapi gerakan yang timbul sangat kaku dan membuatnya lebih mirip robot.

Kini, Oskam tak cuma bisa bergerak dengan lebih natural, tetapi juga mulai bisa mengontrol kakinya lagi meski tanpa bantuan perangkat. Artinya, “jembatan digital” yang diimplan ke dalam tubuhnya itu sekaligus membantu proses rehabilitasi Oskam yang saraf tulang belakangnya tidak semuanya rusak.

Keberhasilan yang ditunjukkan Oskam itu pun membuat para ilmuwan optimistis bahwa, apabila diaplikasikan ke pasien yang belum lama mengalami cedera, kemungkinan si pasien sembuh bakal lebih besar. “Potensi mereka untuk sembuh sangat, sangat besar,” pungkas Prof. Courtine.

Penulis: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Pria Lumpuh di Belanda Bisa Berjalan Lagi berkat Piranti Ciptaan Ilmuwan Swiss […]