Pria Afrika Mengurung Diri Selama 55 Tahun karena Takut Perempuan

by | Oct 23, 2023

Berita Unik | Fobia | Internasional | Psikologi

FOMOMEDIA – Seorang pria Afrika punya fobia unik yang membuatnya takut pada perempuan. Kondisi ini dinamakan gynophobia.

Ketakutan dalam hidup adalah hal lumrah terjadi. Takut pada binatang, api, air, atau kegelapan dialami oleh banyak orang. Namun, hal sangat unik dialami oleh Callitxe Nzamwita. 

Pria asal Rwanda, negara di Afrika bagian timur tersebut justru takut pada perempuan. Ketakutan Nzamwita bermula saat dirinya menginjak usia 16 tahun. Sejak saat itu, ia mengasingkan diri dan menghindari kontak dengan perempuan di sekitarnya.

Nzamwita saat ini berusia 71 tahun. Ia terhitung selama 55 tahun terakhir mengasingkan diri di rumahnya karena alasan itu.

Saking takutnya pada perempuan, Nzamwita bahkan membangun pagar setinggi 1 kaki di sekeliling rumahnya. Ia pun memberikan pesan kepada semua orang bahwa dirinya tidak ingin dikunjungi perempuan. Dengan pagar setinggi itu dan pengumuman yang terpasang di pagar, ia berharap tidak ada perempuan yang masuk ke rumahnya.

“Alasan saya mengunci diri di dalam sini dan memasang pagar di rumah saya adalah karena saya ingin memastikan bahwa perempuan tidak akan mendekati saya,” kata Nzamwita, dikutip dari News18.

Diberi Makan Perempuan

Nzamwita memang jadi ironi tersendiri. Di tengah ketakutannya terhadap perempuan, justru ia bertahan hidup dari perempuan setempat. Perempuan tetangganya membantunya bertahan hidup dengan memberi makan dan kebutuhan pokok lainnya.

Salah satu tetangga mengatakan bahwa sosok Nzamwita sejak kecil tidak pernah meninggalkan rumahnya. Bahkan, ketika diberi makan, Nzamwita tidak ingin berada dekat dengan perempuan tersebut.

Untuk menyiasati itu, para perempuan tetangga Nzamwita pun melemparkan makanan ke dalam rumah. Nzamwita akan mengambil makanan itu dan membawa ke dalam rumahnya.

Alami Gynophobia

Kasus yang dialami oleh Nzamwita memang jarang terjadi. Jika mengetahui ada perempuan di dekatnya, ia akan buru-buru masuk dan mengunci rumahnya itu.

Dalam laporan News18 tersebut, diketahui Nzamwita sedang menderita kondisi psikologis yang disebut gynophobia. Kondisi tersebut yakni sebuah ketakutan tidak rasional terhadap perempuan.

Kondisi gynophobia tidak diakui dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental. Namun, kondisi tersebut secara klinis bisa diklasifikasikan ke dalam “fobia spesifik”.

Menurut laporan Medical News Today, gynophobia bisa menyebabkan gangguan kecemasan pada penderitanya. Bahkan, seseorang dengan kondisi itu akan mengalami ketakutan yang intens dan tidak rasional terhadap perempuan. Bahkan, memikirkan perempuan saja para pengidap gynophobia tidak berani.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments