PlayStation Hapus Ratusan Film & Serial TV, Pelanggan Ngamuk

by | Dec 5, 2023

Hiburan | PlayStation | Teknologi | Video Game

FOMOMEDIA – Gara-gara masalah lisensi, konten Discovery Channel di PlayStation akan dihapus. Tak pelak para pelanggan pun kesal.

Kabar tidak mengenakkan datang untuk para pengguna PlayStation. Pasalnya, ratusan konten milik Discovery Channel, termasuk yang sudah dibeli dan tersimpan di library, bakal dihapus karena persoalan lisensi.

Menurut laporan Eurogamer, penghapusan konten Discovery Channel itu akan secara resmi berlaku pada 31 Desember 2023 mendatang.

Motif penghapusan konten Discovery Channel tidak dijelaskan secara rinci oleh PlayStation. Mereka hanya menyinggung adanya perubahan dalam perjanjian lisensi.

Meski begitu, penghapusan berbagai konten acara maupun film dari toko dan perpustakaan PlayStation sendiri diduga karena masalah lisensi.

“Mulai 31 Desember 2023, karena perjanjian lisensi konten kami dengan penyedia konten, Anda tidak lagi dapat menonton konten Discovery yang Anda beli sebelumnya dan konten tersebut akan dihapus dari perpustakaan video Anda,” kata pernyataan dari PlayStation, dikutip dari Eurogamer.

“Kami dengan tulus berterima kasih atas dukungan Anda yang tiada henti. Terima kasih,” lanjutnya.

Penggemar Kecewa

Sejak adanya pengumuman tersebut, banyak pengguna PlayStation di media sosial yang mengungkapkan rasa kecewa. Para penggemar marah atas keputusan yang diambil oleh pengembang.

Bahkan, tak sedikit yang meminta supaya biaya langganan di pelantar itu dikembalikan. “Mereka harus dipaksa untuk mengembalikan biaya ditambah bunga,” kata seorang pengguna, dikutip dari NME.

Adanya pemberitahuan terkait penghapusan konten Discovery memang tidak banyak yang menduga. Pemberitahuan penghapusan konten tersebut pun tidak diterima baik oleh para penggemar. 

Sementara itu, beberapa pihak menganggap bahwa penghapusan konten tersebut merupakan bagian realitas dari masa depan yang makin “serbadigital”. Dengan adanya lisensi, penggemar dipaksa membeli.

Namun, ketika sudah membeli pun bukan berarti sebuah konten bisa dinikmati selamanya. Semua tergantung perjanjian pemilik lisensi dan pemilik platform. Hal itulah yang kemudian digugat oleh para pelanggan PlayStation. Mereka mempertanyakan perihal lisensi yang sudah didapatkan sebelumnya.

Meski PlayStation tidak memberikan alasan pasti mengapa konten Discovery ditarik dari peredaran, beberapa pihak berpendapat hal itu terjadi lantaran jaringan tersebut telah bergabung dengan Warner Bros. sejak tahun lalu. Oleh sebab itu, maka pengaturan lisensi pun perlu direvisi dan diperbarui.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments