Pesawat di Jepang Gak Kuat Terbang setelah Dinaiki 27 Pegulat Sumo

by | Oct 28, 2023

Berita Unik | Internasional | Jepang

FOMOMEDIA – Sebanyak 27 pegulat sumo masuk ke dalam satu pesawat yang sama. Pesawat tak sanggup terbang, maskapai pun mesti putar otak…

Pesawat memang jadi salah satu moda transportasi paling memudahkan bagi umat manusia. Namun, apa jadinya jika pesawat terpaksa tidak bisa terbang lantaran terlalu banyak membawa muatan?

Itulah yang baru saja dialami oleh Japanese Airlines. Salah satu pesawat milik maskapai penerbangan asal Jepang tersebut terpaksa tidak jadi mengudara lantaran membawa 27 pegulat sumo pada Senin (23/10/2023).

Peristiwa tersebut memang jarang terjadi. Menurut laporan LadBible, para pegulat sumo itu akan bepergian dan bertanding di tempat sama. Para pegulat sumo itu dikabarkan akan mengikuti kompetisi di pulau kecil Amami Oshima di Jepang. 

Namun. pihak maskapai penerbangan khawatir dengan bobot para pegulat itu yang di atas rata-rata. Kekhawatiran tersebut juga muncul ketika akan mendarat di bandara Amami yang diketahui memiliki lintasan cukup pendek.

Diketahui, para pegulat sumo tersebut memiliki berat badan rata-rata 120 kilogram. Karena itulah akhirnya pihak maskapai Japanese Airlines tidak jadi memberangkatkan pesawat jika masih diisi 27 pegulat sumo.

Pesan Maskapai Lain

Japanese Airlines dengan tipe pesawat Boeing 737-800 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Tokyo (Haneda) di Tokyo dan Bandar Udara Itami di Osaka ke Amami Oshima.

Dikarenakan berat total para penumpang melebihi kapasitas, akhirnya beberapa pegulat sumo itu dialihkan ke pesawat lain. Maskapai Japanese Airlines sampai harus menyiapkan penerbangan tambahan demi mengantisipasi risiko bahaya.

Para pegulat sumo pun dipindahkan ke pesawat lainnya. Menurut laporan Sea Today, jika pegulat sumo itu tetap nekat satu pesawat, selain risiko bahaya, pesawat dianggap akan boros bahan bakar.

Nantinya, ketika para pegulat sudah selesai mengikuti turnamen, mereka akan dipulangkan dengan beberapa maskapai tambahan. 

Peristiwa tersebut akan jadi pengalaman berharga bagi Japanese Airlines. Setidaknya, maskapai tersebut tahu batas aman untuk membawa para penumpangnya yang memiliki berat di atas rata-rata itu.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] “Pesawat yang lepas landas dari Sapporo bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai,” bunyi laporan dari stasiun teve NHK. […]